KABARNUSANTARA.ID – Manfaat aloe vera untuk wajah memang bisa dibilang tidak bisa diragukan lagi. Hal ini dikarenakan, aloe vera atau lidah buaya, memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin A,B,C dan E, serta antioksida yang tinggi sangat baik untuk perawatan kulit dan wajah.

Tak heran, jika aloe vera atau lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai produk kecantikan. Mulai dari produk perawatan rambut, badan, sampai wajah,yang dilansir dari merdeka.com

Aloe vera merupakan tanaman yang berasal dari daerah Mediterania. Namun, kini lidah buaya banyak dikembangbiakkan dan ditemukan di kawasan Asia, Eropa, dan Amerika Serikat.

Aloe vera, dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kulit pada wajah. Mulai dari kulit kering, jerawat, mengatasi bekas jerawat dan lain sebagainya. Berikut 10 manfaat aloe vera untuk wajah dilansir dari laman Medical News Today:

Manfaat Aloe Vera

  1. Mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit, bengkak, dan nyeri pada luka,
  2. Membantu produksi dan pelepasan kolagen,
  3. Membantu mempercepat penyembuhan luka dan membatasi jaringan parut,
  4. Mempercepat penyembukan luka bakar,
  5. Efektif mengobati infeksi jamur dan bakteri pada kulit,
  6. Efek antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari,
  7. Memperlambat proses penuaan dini pada kulit,
  8. Melindungi kerusakan akibat terapi radiasi,
  9. Mengandung 98 persen air yang membantu melembapkan dan menenangkan kulit,
  10. Membantu kulit lebih elastis dan kenyal serta mengurangi tekstur kasar pada kulit.

Bantu Lembabkan Kulit

Aloe vera sangat dikenal sebagia bahan yang mampu memberikan efek lembab pada kulit. Aloe vera  mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Bagi seseorang yang memiliki tipe kulit yang kering, menggunakan pelembab dari ekstrak aloe vera merupakan solusi yang tepat.

Bantu Menghaluskan Permukaan Kulit

Manfaat aloe vera atau lidah buaya selanjutnya yakni mampu membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel kulit yang baru. Percepatan pembelahan sel-sel keratinosit juga akan menghaluskan permukaan kulit.

Percepatan Penyembuhan Luka

Aloe veram juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Kandungan kalsium dan antioksidan pada aloe vera dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.

Kandungan Nutrisi yang Baik untuk Kulit

Kandunga nutrisi dan vitamin, seperti vitamin A, C, dan E, dalam aloe vera berperan sebagai antioksida yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah. Dengan rutin memberikan aloe vera pada wajah maka akan memberikan nutrisi yang baik pada kulit. Aloe vera juga disebut memiliki kandungan enzim yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Bantu Redakan Radang dan Gatal

Di bagian dalam daun aloe vera terkandung zat yang memiliki khasiat antiradang dan antimikroba. Khasiat ini berguna untuk meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, dan psoriasis.