KABARNUSANTARA.ID – Dua orang pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur kembali sembuh sesudah menjalankan perawatan intensif di rumah sakit di Pamekasan. Sehingga jumlah pasien hingga kini bertambah menjadi 313 orang.

“Dua pasien positif Covid-19 yang sembuh ini dari Kecamatan Tlanakan dan Kecamatan Pamekasan,” kata Juru Bicara Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Pamekasan Sigit Priyono dilansir Antara, Minggu yang dilansir dari merdeka.com(25/10).

Kedua orang pasien sembuh itu masing-masing berinisial E (66) berjenis kelamin laki-laki dari Kecamatan Pamekasan, dan pasien berinisial M (33) berjenis kelamin perempuan dari Kecamatan Tlanakan.

Semestinya, dengan adanya dua orang pasien positif Covid-19 yang sembuh ini, maka jumlah pasien positif yang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Pamekasan sebanyak delapan orang.

Namun, karena ada tambahan pasien positif 1 orang, maka kini jumlah pasien yang masih menjalani perawatan sebanyak sembilan orang. “Pasien baru yang dinyatakan positif ini berinisial H (66) asal Kecamatan Galis, Pamekasan,” katanya.

Sebelumnya, pasien positif baru berjenis kelamin perempuan ini adalah pasien suspect yang masuk dalam pengawasan tim medis Satgas Covid-19 Pemkab Pamekasan.

Hingga  tanggal 24 Oktober 2020 ini, jumlah warga Pamekasan yang positif Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan sebanyak 313 orang dari total jumlah warga positif Covid-19 sebanyak 354 orang, dengan jumlah pasien meninggal dunia sebanyak 32 orang.

Sementara itu, jumlah warga yang masuk kategori suspect Covid-19 hingga tanggal 24 Oktober 2020 ini sebanyak 938 orang, dengan perincian, sebanyak 25 orang dalam pengawasan, 835 orang selesai pengawasan, dan sebanyak 60 orang lainnya meninggal dunia.

Jumlah warga Pamekasan yang meninggal dunia akibat Covid-19 sebanyak 92 orang, dengan perincian, 60 orang masuk kategori suspect, dan sebanyak 32 orang sisinya positif Covid-19.

Menurut Juru Bicara COVID-19 di RSUD Pamekasan dr Syaiful Hidayat menjelaskan, penyebaran Covid-19 saat ini berbeda dibanding di awal penyakit menyebar. “Kalau dulu antarwilayah. Saat ini penyebaran lokal,” katanya.

Makanya, kata dia, salah satu upaya yang terus dilakukan oleh Tim Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Pemkab Pamekasan adalah upaya menertibkan masyarakat agar mentaati protokol kesehatan.

Berdasarkan pantauan lapangan, hampir setiap saat razia penegakan disiplin protokol kesehatan terus dilakukan tim penegak disiplin protokol kesehatan Pemkab Pamekasan, mulai pagi, siang hingga malam hari ini.

Sasaran razia adalah pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pengendara kendaraan bermotor hingga tempat-tempat rekreasi yang ada di Kabupaten Pamekasan.

Tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pamekasan, Tlanakan dan Kecamatan Pademawu menjadi prioritas razia penegakan disiplin protokol kesehatan, karena jumlah pasien terbanyak yang selama ini diketahui positif Covid-19 dari tiga kecamatan ini.