248 Pelajar SD Se-Kabupaten Garut Bersaing Ketat di OSN 2018 Garut

0
333

KABAR NUSANTARA, Sedikitnya 248 pelajar dari 42 Kecamatan Se-Kabupaten Garut mengikuti Olimpiade Sain Nasional (OSN) SD tingkat Kabupaten Garut tahun 2018 yang digelar Dinas Pendidikan (Disdik) Garut, kegiatan dilaksanakan di SDN 1 Jayaraga, Sabtu (24/03/18) Pagi.

Kegiatan ini diikuti siswa siswi berprestasi Se- Kabupaten Garut, dihadiri kasi Pembina SD  Dinas Pendidikan Kab.Garut, para Pengawas,UPTD Se- Kabupaten Garut, dan Guru pembimbing serta orangtua murid.

Kasi Pembina SD, Ocep, mewakili Kabid Dikdas Disdik kab Garut, mengatakan, ” ini merupakan program tahunan untuk memacu prestasi siswa, seleksi dilakukan melalui tes tertulis untuk masing-masing mata pelajaran, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). pesertanya yang duduk di kelas IV dan V SDN Se-Kabupaten Garut, dan tiap mapel diikuti enam siswa per kecamatan,”ungkapnya.

Ocep pun menambahkan,”Peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan juara 1, 2 dan 3 dari lomba OSN tingkat kecamatan se kabupaten Garut, sehingga hasil yang terbaik diperoleh juara 1,2,dan 3  di tingkat Kabupaten nanti akan mewakili ke tingkat provinsi dan dari ditingkat provinsi yang terbaik akan melaju ketingkat nasional bahkan ke tingkat dunia”, ujarnya.

Masih kata ocep , Untuk soal ketiga mapel OSN ini, tingkat kesulitan soalnya setara dengan Standar soal tingkat nasional dan internasional.

” Sementara untuk pengerjaan soal selama 90 menit dan mempergunakan sebanyak  7 ruang kelas yang di awasi seorang pengawas ruang”, paparnya.

Sambung ocep, alasan pihaknya menunjuk SDN 1 Jayaraga Tarogong Kidul sebagai tempat kegiatan adalah karena keamanan,  dan lahan parkir yang memadai, serta ruangan yang menunjang, pungkasnya.

Sementara ditempat yang sama Kepala UPTD Tarogong Kidul Iwan Setiawan menyampaikan terimakasih pada Disdik Kab. Garut yang telah menunjuk diwilayah nya sebagai  kegiatan ini  OSN SD tingkat Kabupaten,

” Kami ucapkan terimakasih pada Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, yang telah mempercayai SDN 1 Jayaraga tuan rumah kegiatan OSN SD tingkat Kabupaten Garut. Mudah-mudahan  para peserta diberikan  kesuksesan untuk sekarang dan yang akan datang, khususnya pada para siswa yang lagi berjuang,”Tutup Iwan.

(Evan/red)