31 Pengurus Ekskul SMKN 1 Garut Dilantik

0
101

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Sebanyak 31 pengurus Organisasi kesiswaan yang mengelola ekstra kurikuler (Ekskul) di SMKN 1 Garut, Jawa Barat, resmi dikukuhkan usai upacara bendera di Lapang Garuda Hitam SMKN 1 Garut, Senin (24/01/2020).

Pelantikan para pengurus organisasi Ekskul tersebut dilakukan oleh Kepala SMKN 1 Garut Drs. H. Dadang Johar Aripin. Dari 31 organisasi itu diantaranya, Ekskul futsal, pencak silat, broadcasting, tari, bulu tangkis, basket, seni tradisional, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, pramuka, dan yang lainnya

Dikatakan Dadang, Ekskul sangat penting keberadaannya untuk mendukung program sekolah.

“Organisasi kesiswaan ini sangat penting untuk mendukung keberhasilan program sekolah. Kalau organisasi ini jalan, akan mampu menegakan disiplin para siswa dan akan mampu mendukung program sekolah, dalam rangka meningkatkan mutu sekolah,” katanya.

Dadang pun mengungkapkan, Institut Pertanian Bogor (IPB) mengapresiasi organisasi kesiswaan yang ada di sekolahnya.

“IPB itu menghargai organisasi yang ada di sini. IPB meminta ketua OSIS di sini untuk menjadi calon mahasiswanya, dengan menyertakan sertifikat dari sekolah. Mungkin mereka tahu bagaimana seleksi ketat untuk calon ketua OSIS yang dilakukan di sini,” ujarnya.

Ditambahkan Dadang, untuk proses pemilihan calon ketua OSIS di sekolahnya ada persyaratan dukungan mutlak dari dua jalur.

Jika yang mencalonkan diri dari jalur organisasi siswa, maka harus didukung oleh sekurangnya 10 organisasi. Sedang untuk jalur umum, harus mendapat dukungan minimal dari 20 ketua murid (KM) dari 20 kelas.

Sejauh ini, organisasi yang ada di sekolah yang berlokasi di Jalan Cimanuk Garut itu, telah banyak melahirkan prestasi yang membanggakan.

Diantaranya tahun ini bidang broadcast menyabet gelar juara produksi film pendek tingkat Jawa Barat, dan cabang pencak silat berhasil menjadi juara pertama tingkat nasional. (*)

Reporter : Jay

Editor : AMK