KABAR NUSANTARA- MALANGBONG, Sedikitnya 33 Pondok Pasantren yang ada di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut secara resmi menyerahkan dukungan untuk kemenangan Pasangan H. Agus Hamdani dan Pradana Aditiya Wicaksana dalam Pilkada Garut 2018 yang akan digelar 27 Juni mendatang.

Penyerahan dukungan dalam bentuk naskah kesepakatan yang ditandatangani oleh seluruh pimpinan pondok pesantren ini, dilaksanakan di Pondok Pasantren Miftahul Rohmah, Kecamatan Malangbong, oleh KH. Ii Syafi’i, diterima langsung oleh Calon Bupati, H. Agus Hamdani GS, S.Pdi, Senin, (19/02/18).

Menurut KH. Ii Syafi’i, penyerahan dukungan kepada pasangan Agus-Adit untuk memenangkan Pilkada Garut merupakan hasil kesepakatan dari para pimpinan pondok pesantren yang ada di kecamatan Malangbong melalui beberapa kali musyawarah. “Dukungan kepada Pak Agus dan Pak Adit ini bukan ujug ujug, tapi sudah melalui musyawarah untuk menyamakan persepsi mengapa kami harus mendukung beliau,” kata Ii, usai penyerahan dukungan yang diterima langsung oleh Agus Hamdani dihadapan sekitar 60 tokoh pesantren di daerah setempat.

Ii Syafi’i menambahkan, berdasarkan hasil musyawarah para tokoh pondok pesantren di daerahnya, dalam pilkada Garut 2018, pasangan Agus-Adit dipandang paling tepat untuk memimpin Garut lima tahun kedepan, karena keduanya sama sama sangat dekat dengan ulama dan santri, sehingga diharapkan kedepan lebih memperhatikan keberadaan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan berbasis keagamaan dan membangun generasi yang akhlakul karimah. “Jargon menuju Garut Sholeh, itu salah satu yg memicu perhatian kami, sehingga kami siap mengerahkan ribuan jamaah kami untuk memenangkan pasangan AHAD AKUR,” imbuhnya.

Ketua Dewan Pembina Forum Pondok Pesantren (FPP) Kabupaten Garut, H. Beben Ridwan menilai, sikap para pimpinan pondok pesantren di Kecamatan Malangbong merupakan sikap yang wajar. Hal itu, karena selama ini Pemkab Garut memang kurang memberikan perhatian kepada keberadaan pondok pesantren yang telah menjadi benteng terakhir dalam pembangunan bidang pendidikan berbasis keagamaan, yang akan mencetak generasi yang berakhlakul karimah. “Selaku dewan pembina, saya mendukung sikap para pimpinan pondok pesantren untuk mendukung Agus-Adit. Bahkan para pimpinan pondok pesantren di kecamatan lain se Kabupaten Garut sebanyak 692 pondok pesantren juga telah menyatakan kwaiapnnya untuk mendukung Agus-Adit,” kata Beben, berkomentar.

Menanggapi sikap dukungan dari para pimpinan pondok pesantren untuk kemenangan dirinya, Agus Hamdani memandang sebagai amanah yang kedepan harus dilaksanakan kelak jika dia menjadi bupati bersama wakilnya Aditiya, untuk lebih bersinergi memanjukan pendidikan dan kegiatan keagamaan berbasis pesantren di Kabupaten Garut.

Lebih lanjut, Agus juga merasa terharu atas dukungan para sesepuh pondok pesantren kepada dirinya. “Kami sangat kaget sekaligus bangga dan terharu dengan sikap para pimpinan pondok pesantren yang begitu tulus mendukung kami. Kami sangat berterima kasih kepada para sesepuh dan para ulama yang telah mendukung dan mendoakan kemenangan AHAD AKUR. Ini saya anggap sebagai sebuah amanah yang kelak harus saya perjuangkan. Dan ini akan menjadi bukti harmonisasi ulama dan umaro di Kabupaten Garut, sejalan dengan cita cita kami menuju Garut Sholeh, ” pungkas Agus.

(Slamet Timur)