GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau lebih dikenal dengan bedah rumah ini dibawahi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Program ini diharapkan dapat mengurangi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan juga dapat memberikan pekerjaan bagi para tukang yang terdampak Covid-19.

Di Desa Cikedokan, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut Jawa Barat, sebanyak 50 unit rumah dibedah.

Muhamad Iqbal S.H Pendamping program tersebut menyebut bahwa pembangunan RTLH harus terus dilakukan, mengingat pentingnya bagi warga untuk dapat menempati tempat tinggal yang layak.

“Jika warga sudah memiliki tempat tingal yang layak diharapkan mereka bisa memperbaiki kehidupan untuk kedepan, hal itu dimulai dari kenyamanan tempat tingal nya dulu, program ini sudah tepat dan mudah-mudahan terus berjalan bahkan ditambah,” jelasnya.

Abdi warga penerima manfaat asal Desa Cikedokan mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah atas bantuan bedah rumah tersebut.

“Saya dan masyarakat penerima bantuan BSPS Desa Cikedokan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah berkat bantuan rumah BSPS ini kami dapat memiliki rumah yang layak huni, rumah yang memenuhi unsur kecukupan ruang, kekuatan, dan kebersihan,” ucap Abdi lewat pesan singkatnya.

Abdi juga menuturkan, kini proses pembangunan sudah mencapai tahap akhir.

“Sementara ini proses pembangunan sudah mencapai tahap akhir, masyarakat sangat bersyukur atas adanya program ini, sehingga rumah mereka yang tadinya tidak layak huni menjadi layak huni, ada beberapa rumah yang tadinya berukuran kurang lebih 4×3 dengan 4 orang penghuni rumah, tanpa kamar dan tanpa dapur tanpa jendela hanya 1 pintu dan hanya satu ruangan saja. Makan, masak tidur di ruangan itu, alhamdulillah sekarang bisa mendapatkan ukuran rumah yang lebih layak dari sebelumnya bisa punya kamar, dapur, oleh karenanya masyarakat sangat terbantu sekali,” jelasnya.

Senada dengan Iqbal Abdi juga berharap program BSPS ini dapat bertambah dan dapat dirasakan masyarakat lain yang membutuhkan.

“Semoga kedepannya alokasi BSPS buat kabupaten Garut bisa bertambah sebab manfaatnya benar benar dapat dirasakan masyarakat,” pungkasnya.

Redaktur : Evan SR