57 Komunitas Lingkungan di Garut Serbu Sampah Warga Muara Sanding Saat Peringatan WCD

0
171

GARUT|KABARNUSANTARA.IDAksi Bersih-bersih World Cleanup Day (WCD) 2019 di Kabupaten Garut diikuti puluhan komunitas lingkungan dan masyarakat sekitar. Aksi bersih-bersih World Cleanup Day (WCD) tersebut kali ini dilaksanakan di depan Perumahan Makaraya, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (21/09/19) pagi.

Baca Juga: Ketum IMA AMS Garut Desak DPP Gerindra Untuk Menetapkan Kembali Ervin Luthfi Sebagai DPR-RI Terpilih

Tahun lalu, pada 2018 Indonesia menjadi negara ke 3 terbesar penyumbang relawan kebersihan, dan Kabupaten Garut menjadi yang terbesar di Jawa Barat.

“Dalam acara pungutan sampah ini Kabupaten Garut menjadi yang terbesar di Jawa Barat, sama seperti Jawa Tengah, Jawa Barat menjadi daerah terbesar penyumbang relawan,” ujar Guriansyah Sekdis DLH Garut.

Sedikitnya ada 57 komunitas dari berbagai latar belakang ikut dalam acara pemungutan sampah yang di peringati satu tahun sekali tersebut, dibantu oleh unsur SKPD, Perkopimcam, dan unsur Kelurahan.

Baca Juga: PKKMB Mahasiswa Baru STIE Yasa Anggana Garut Berlangsung di Tiga Lokasi Sekaligus

“Tahun ini kegiatannya terfokus di Kelurahan Muara Sanding, karema disini ada TPS 3R Burung Bao, diharapkan mampu menyadarkan komunitas dan masyarakat tentang pentingnya penempatan sampah, sesuai jenis dan karakternya,” jelasnya.

Rama Januar (20) Leader WCD Garut saat wawancara dengan wartawan.

Sementara disisi lain Leader WCD Garut Rama Januar (20) menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan pungut sampah tersebut mendapat respon baik dari masyarakat sekitar, harapan Rama keterlibatan komunitas dan masyarakat dalam kegiatan ini diaplikasikan di keseharian.

“Kegiatan wcd ini alhamdulillah terselenggara dengan baik. Masyarakat aktif dan memberikan respon positif. Tidak hanya masyarakat dan komunitas lingkungan yang terlibat, tapi banyak juga dari instansi dan umum. Saya harap ada hal yang bisa di aplikasikan oleh masyarakat dari hasil kegiatan wcd ini untuk di kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Baca Juga: Anggota DPR-RI Terpilih Ervin Luthfi di Coret Secara Sepihak, Keluarga Akan Tempuh Upaya Hukum

Reporter : Evan SR
Redaktur : Samet Timur