BANDUNG, KABARNUSANTARA.ID – Aa Umbara Bupati Bandung Barat disebutkan telah memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih, Jakarta, Selasa (10/11/20). Tetapi belum diketahui Aa Umbara memberikan keterangan kepada penyelidik KPK terkait kasus apa, walaupun begitu, juru bicara KPK Ali Fikri membenarkan kabar tersebut.

“Sebagaimana informasi yang kami terima, benar ada permintaan keterangan ybs (yang bersangkutan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna) terkait kegiatan penyelidikan oleh KPK,” ujar Ali Fikri via pesan singkat WhatsAap.

Dalam hal ini Ali Fikri belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut prihal kasus yang telah diselidiki KPK sehingga mendorong dia untuk meminta keterangan dari orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat tersebut.

“Karena masih proses penyelidikan, kami belum bisa menyampaikan lebih lanjut mengenai kegiatan dimaksud pemeriksaan Bupati Bandung Barat Aa Sutisna,” ujarnya.

Orang yang penah menangani kasus suap Bupati Cianjur Irvan Rivano Mochtar ini berjanji bakal memberikan informasi lebih lanjut terkait perkembangan penyelidikan kasus yang melibatkan Bupati Aa Umbara Sutisna. “Perkembangannya nanti kami akan informasikan lebih lanjut,” tutur Ali Fikri.

Untuk referensi dalam kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (Kuhap) menyebutkan, penyelidikan merupakan serangkaian upaya penegak hukum dalam mencari dua alat bukti yang cukup untuk dilanjutkan jadi penyidikan kemudian menetapkan tersangka.