JAKARTA|KABARNUSANTARA.ID РMantan Bupati Garut, Aceng HM Fikri yang kini menjabat sebagai anggota DPD RI sekaligus ketua DPD Partai Hanura, masuk kategori 10  nama Calon Legislatif yang layak kembali dipilih di Pileg 2019 nanti. Hal tersebut dikatakan lembaga survei Etos Institute.

Hasil survei Etos Institute menunjukkan ada 10 nama dari 132 anggota Dewan Perwakilan Daerah atau anggota DPD yang layak dipilih kembali dalam pemilu 2019.

“Dari 132 anggota DPD yang menjabat, Akhmad Muqowam mendapatkan persentase tertinggi,” kata Direktur Etos Institute Iskandarsyah di Cafe Up2You, Jakarta, Sabtu, 15 September 2018.

Iskandarsyah mengatakan sebanyak 13 persen responden akan memilih kembali Akhmad Muqowam, senator dari daerah pemilihan Jawa Tengah. Disusul Nono Sampono dari dapil Maluku dipilih sebanyak 12 persen, Abdul Gaffar Usman dari dapil Riau 12 persen dan Fahira Idris dari dapil DKI Jakarta 11 persen.

Selanjutnya, Aceng H M Fikri dari dapil Jawa Barat 11 persen, Arya Wedakarna dari dapil Bali 10 persen, Emilia Contessa dari dapil Jawa Timur 9 persen, Mohammad Saleh dari dapil Bengkulu 8 persen, Andi Surya dari dapil Lampung 7 persen, dan Mervin Sadipun Komben dari dapil Papua Barat 6 persen.

“Ke 10 nama tadi dikategorikan anggota DPD RI yang aspiratif dan aktif. Hasil ini berguna sebagai referensi bagi masyarakat pemilih di daerah pemilihan masing-masing anggota DPD yang dianggap layak dipilih kembali,” kata Iskandarsyah.

Survei ini dilakukan pada 15 Juli-10 Agustus 2018 dengan melibatkan 1.000 responden berusia 17 tahun atau lebih. Etos Institute menggunakan metode multistage random sampling dalam pemilihan sampel dan memperkirakan margin of error sebesar lebih kurang 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 90 persen.

(Hidayat/ESR)