GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Ada-ada saja, Deklarasi dan Kampanye Terbuka Tim Kampanye Nasional (TKN) Capres 01 yang dipimpin Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan di Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (5/4/2019) kemarin, memunculkan insiden. Atap 12 rumah di Kampung Kebonjati RT 05/RW 03, Desa Limbangan Tengah, rusak diterjang angin helikopter yang digunakan Luhut dan rombongan.

Ke-12 rumah tersebut persis berada di pinggir Lapangan Pasopati, tempat helikopter mendarat saat tim dari TKN berkunjung ke Limbangan.

Baca Juga :

Luhut Jelaskan Keislaman Jokowi kepada Masyarakat Limbangan Garut

Longsor di Talegong, Jalur Bandung-Garut Terputus, Sebuah Warung Hancur

Ketua RT 05 Kampung Kebonjati, Budianto mengatakan, kerusakan terjadi saat helikopter Luhut dan kawan-kawan meninggalkan Limbangan. Helikopter yang lepas landas dan kemudian terbang, mengakibatkan tiupan angin besar dan menerbangkan genting, asbes serta benda-benda lain yang ada di atap rumah di pinggir lapangan.

“Saat helikopter terbang meninggalkan lokasi, gak tau gimana melawan arah angin atau apa, saya tidak tau, rumah yang berada di pinggir lapang mengalami kerusakan di bagian genteng, asbes dan material lainnya,” jelasnya.

Menurut Budianto, dari 12 rumah yang rusak tersebut, enam rumah di antaranya terpaksa harus menggunakan terpal sebagai penutup sementara. Keenam rumah tersebut atapnya rusak parah sehingga benar-benar bolong.

“Sebagai penutup sementara, para penghuninya terpaksa menggunakan terpal. Kalau dibiarkan bolong, air hujan akan masuk dan rumah akan banjir,” kata Budianto.

Budianto berharap penyelenggara acara atau pihak terkait, bersedia memperbaiki kembali seluruh rumah yang rusak akibat helikopter tersebut.

“Kami berharap rumah kami seperti semula lagi, ada pun kerugian material dan upah diperkirakan mencapai 12 juta rupiah” ujarnya.

Sekretaris Desa Limbangan Tengah, Huki Muldani, mengatakan, pihak desa telah mendapat laporan dari warga mengenai kerusakan rumah itu, bahkan telah berkoordinasi dengan pihak penyelenggara acara.

“Kami telah berkoordinasi bersama Babinsa mengenai insiden 12 rumah yang rusak dampak hembusan angin helikopter,” ujarnya

Seperti diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Kemartiman bersama Tim Kampanye Capres 01 menggelar kampanye terbuka di Limbangan Kabupaten Garut, Jumat kemarin. Mereka datang dengan menumpang pesawat helikopter yang landing di Lapangan Pasopati, Desa Limbangan Tengah.

Reporter Roni HD
Editor: Mustika