KABAR NUSANTARA – Gang Unik, Jika di Kota Malang dan Semarang kita mengenal kampung warna warni, maka di Garut Kota Intan yang terkenal dengan kota dodol kita akan menemukan pemandangan unik yaitu gang dengan aneka warna, berlokasi Kp. Kaum Lebak RW 08 kelurahan Paminggir Kec. Garut Kota.

Sudah sekitar seminggu ini warga RW 08 bahu membahu mengecat warna rumahnya dengan cat warna warni, ada yang berupa lukisan, ada pula yang bergambar karikatur. Hal ini merubah kesan gang dikawasan perkotaan yang kumuh, penuh corat coret dan tidak tertata dengan baik, Senin (16/04/18).

Nampak jalan setelah di cat

Namun kesan itu hilang seketika setelah masuk ke gang Kaum Lebak RW 8, mulai dari Gapura Pinggir Jalan Cimanuk (RT 01) sekitar 200 meter ke dalam, kita akan disajikan pemandangan indah memanjakan dengan cat warna warni berupa sketsa, gambar pemandangan dan karikatur.

Ketua RW 08, Endang Kurnia ketika dikonfirmasi mengatakan, kegiatan ini murni swadaya dari masyarakat, dirinya terinspirasi dari pertemuan dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Jawa Barat, saat Wagub saat itu, Dedi Mizwar mengunjungi kcamatan Garut Kota. Dari obrolan inilah Endang mensosialisasikan rencananya untuk mengecat gang supaya lebih menarik.

Tampak jalan yang biasa dilewati warga setelah di cat

Bak gayung bersambut, warga yang rumahnya berada persis di gang RW 08 menyatakan siap jika rumahnya dicat. Ada berbagai swadaya yang dilakukan, ada yang menyumbang sejumlah uang untuk membeli cat dan para pemuda untuk mengecatnya, ada pula yang mengecat rumahnya sendiri, sesuai dengan design sendiri.

“Seluruh warga bahu membahu mengecat gang ini, mulai dari pengurus RW hingga para pemuda, RT, RW semua terlibat, dengan tenaga yang mereka sumbangkan, semoga ini menjadi ladang berkah bagi semua pihak yang telah mewujudkan program ini,” ujarnya.

Gang yang telah berubah wujud ini kini menjadi bahan perbicaraan bagi warga dan pendatang yang lewat, mereka menyatakan kekagumannya atas program yang dijalankan ini. Sesekali tampak para remaja berselfie ria di gang yang nampak indah tersebut.

(Evan/red)

1 KOMENTAR