KULINER, KABARNUSANTARA.ID – Siapa yang tak tahu dengan nasi padang dan nasi kapau karna kedua-duanya dapat ditemukan di seluruh daerah. Tapi apakah orang-orang tahu bahwasanya nasi padang dan nasi kapau itu adalah dua hal yang berbeda ? Ya nasi padang dan nasi kapau adalah dua hal yang berbeda, yang pertama perbedaannya adalah nasi kapau adalah masakan asli dari sebuah desa bernama Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, dan nasi padang adalah makanan khas dari daerah Sumatera Barat.

Letak penyajian bagi konsumen nasi kapau dan nasi padang juga menjelasakan kebutuhan makan yang praktis bagi si pengunjung. Di kedai nasi kapau, meja dan kursi pengunjung dibuat menempel dan berhadapan dengan meja saji lauk atau berhadapan langsung dengan penjual.

Makan di nasi kapau biasanya identic dengan makan praktis dan cepat, sementara di kedai nasi padang kamu bias duduk di kursi pengunjung menanti pramusaji mengantarkan banyak variasi lauk, dan juga pembeli bisa ngobrol dengan teman makan.

Macam-macam gulainya nasi kapau juga lebih banyak dibandingkan dengan nasi padang biasa. Contohya gulai tambunsu, gulai ayam, gulai kepala ikan, gulai jariang (jengkol), gulai gajeboh atau sandung lamur, gulai itiak, dan gulai otak.

Nasi kapau juga identik dengan gulai sayur nangka dengan tambahan rebung didalamnya yang membuat gulai sayur nangka nasi kapau berbeda dengan gulai sayur nangka nasi padang biasa, dan juga potongan sayur di kedai kapau lebih besar daripada di kedai nasi padang contohnya saja sayur kol di kedai nasi kapau tidak dipotong melainkan disajikan dalam bentuk lembaran.

Penulis : Lukmanul Hakim,mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta