GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, melihat banyak loncatan yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut dalam program pengumpulan, maupun penyaluran zakat, infaq dan sodaqoh (ZIS), sehingga mampu mengumpulkan dana hingga Rp 2,5 miliar per bulan.

“Yang menggembirakan bagi kami, Baznas Kabupaten Garut ini mampu melakukan loncatan-loncatan yang luar biasa, seluruh ASN (gajinya) dipotong sebelum diterima. Itu semua terjadi karena ada dorongan dari Pemerintah Kabupaten Garut. Ini akan dijadikan percontohan untuk Baznas di daerah lain di Jawa Barat. Ini akan saya sampaikan,” katanya usai menghadiri acara pemberian santunan kepada 4.617 penerima manfaat pada program Gebyar Ramadan 1440 Hijriah, yang diselenggarakan Baznas Kabupaten Garut di Pendopo Kabupaten Garut, Rabu (29/5/19).

Uu menyebut, dengan dana Rp 2,5 miliar per bulan yang berhasil dikumpulkan Baznas Garut, pengentasan kemiskinan dan mendorong tumbuh kembangnya usaha kecil menengah (UKM) bisa dilakukan.

” Per bulan bisa sebesar itu sangat luar biasa, di daerah lain belum ada yang bisa seperti di Garut ini. Makanya ini akan dijadikan percontohan,” pungkasnya.

Ke 4.617 warga yang mendapat santunan Baznas Garut tersebut ada yangmenerima uang tunai, ada barang seperti kursi roda, kaki palsu, tangan palsu, peralatan sekolah dan lain-lain.

Reporter : Jay
Editor : Mustika