GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Baznas Kabupaten Garut membagikan zakat senilai Rp 135 juta kepada 272 penerima manfaat dalam kegiatan Pra Gebyar Kebangkitan Zakat dan Rakorda Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat di Gedung Islamic Center, Jalan Pramuka, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (16/7/2019).

“Zakat diberikan dalam program Garut Taqwa, Garut Cerdas, Garut Sehat, Garut Peduli dan Garut Makmur,” ungkap Ketua Baznas Kabupaten Garut, Rd H Aas Kosasih, S. Ag, M. Si.

Baca juga:

Baznas Garut akan Jadi Percontohan di Jabar

Aas menerangkan, hingga saat ini penerimaan zakat, infaq dan sodaqoh (ZIS) terbesar baru dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mencapai Rp 5,8 miliar pada tahun 2018 lalu, dan tahun ini ditargetkan Rp 15 miliar.

“Barusan kata Pak Bupati, tahun 2020 nanti akan mencapai Rp 30 miliar. Ini lonjakan yang sangat luar biasa, karena tàhun 2017 hanya Rp 3,7 miliar. Tidak ada apa-apanya Baznas Garut tanpa peran serta semuanya. Terutama kebijakan Pak Bupati Garut yang telah memberikan kebijakan serta kepercayaan pengelolaan zakat para PNS/ASN Pemkab Garut,” katanya.

Bupati Garut, Rudy Gunawan dalam sambutannya, mengapresiasi kinerja dan semangat Ketua Baznas Kabupaten Garut dan jajarannya yang sangat baik. Di periode kedua kepemimpinan dirinya dengan dr. Helmi, telah memprogramkan rehabilitasi rumah tidak layak huni yang akan dibiayai dari pemotongan zakat, sebesar Rp 30 miliar dari seluruh PNS di Kabupaten Garut.

Baca juga:

Pemkab Garut Bentuk Tim Reaksi Cepat Siaga Kemarau

“Di Garut ada 40 ribu rumah tidak layak huni, saya sudah launching pemberian bantuan Rutilahu untuk warga fakir miskin di Garut. Dari APBD Garut 2019, ada 600 rumah tidak layak huni yang diprogramkan tahun 2019 akan dibangun. Saya juga takjub atas hasil pemeriksaan dengan predikat WTP yang di peroleh Baznas Garut, dan terima kasih juga kepada PNS/ASN Kabupaten Garut yang turut serta memakmurkan zakat di Kabupaten Garut,” ucap Bupati.

Kegiatan Gebyar dan Rakorda Baznas di ikuti kabupaten/kota se-Jawa Barat, yang akan diisi dengan pameran binaan Baznas Provinsi Jawa Barat. Untuk Rakorda sendiri akan dilaksanakan di salah satu hotel di Cipanas Garut pada Kamis (18/7/2019). (*)

Reporter : Jay
Editor: Mustika