GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut menerima kunjungan kerja study banding Baznas Kota Cirebon, di aula Baznas Kabupaten Garut, Jalan Pramuka, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jum’at (07/02/2020).

Ketua Baznas Kota Cirebon Muhamad Taufik, mengatakan dari hasil pertemuan Baznas Cirebon dan Kabupaten Garut pihaknya belajar masalah Payroll System di Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah berjalan.

“Alhamdulillah di Cirebon dukungan dari kepala daerah sama baiknya dengan Garut, hanya kami perlu belajar karena baru kemarin-kemarin berbicara masalah Peraturan Walikota tentang pengelolaan zakat profesi. Tetapi Garut lebih dulu melaksanakan, kami sengaja melakukan study banding kesini,” katanya.

Hanya saja ia mengaku banyak kendala yang dihadapi Baznas Cirebon. “Dengan kunjungan ini terjawab apa yang menjadi kesulitan Terkait pengelolaan zakat di Kota Cirebon. Kami akan mengikuti langkah-langkah dan contoh, apa yang telah dilakukan oleh Baznas Kabupaten Garut,” ujarnya.

Sementara, Ketua Baznas Kabupaten Garut, Aas Kosasih, mengapresiasi kunjungan kerja dari Baznas Kota Cirebon.

Diharapkan kedua belah pihak bisa saling belajar mengenai pengelolaan zakat.

“Garut ini hanya sebagai pijakan saja karena lebih dulu dalam melakukan kerja dalam pengelolaan zakat. Kami juga mendorong untuk Kota Cirebon dan Kabupaten atau Kota lainnya di Jawa Barat, agar dalam zakat ini bisa sejajar dengan Rukun Islam yang lainnya,” kata Aas.

“Insya Allah kami juga akan mendorong supaya keberhasilan zakat khususnya di Kota Cirebon ataupun lainnya, karena keberhasilan ini untuk kepentingan kemaslahatan umat,” pungkasnya. (*)

Penulis : MD Sumarna

Editor : AMK