GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Menurunnya pendapatan retribusi akibat dampak dari pandemi Covid 19 telah menghambat terhadap proses pembangunan dan rehabilitasi Sarana Olah Raga SOR Kerkop Merdeka Tarogong Kidul Garut.

“Sejak pandemi Covid 19 pengunjung SOR kerkop Garut menurun drastis sehingga berdampak terhadap menurunnya pendapatan retribusi yang tidak memenuhi target, akibatnya sejumlah rencana rehabilitasi sarana olah raga hingga fasilitas umum lainnya dari Penerangan, pemagaran benteng, pembatas dan perbaikan terhadap sejumlah fasilitas olahraga seperti lapang panahan, perbaikan lintasan atletik hingga rehab toilet tertunda akibat Covid 19,” kata Kepala Unit Pelaksana Tehnis SOR Merdeka Kerkop Garut, Endang Rustandi S.Ip, Selasa (27/10/2020).

Namun demikian pihaknya menurut Endang tetap mengajukan kepada Pemkab Garut untuk realisasi pembangunan sejumlah fasilitas olahraga dan fasilitas umum lainnya.

“Pak Wakil Bupati Helmi Budiman sudah menjnjau langsung dan sudah menentukan titik titik lokaai fasilulitas yang akan dibangun dan direhab, mungkin diharapkan anggaran 2021 pengajuan tersebut bisa terealisasi,” katanya.

Namun pihaknya menurut endank ilen biasa disapa, tidak berdiam diri, sejumlah tambahan fasilitas penunjang SOR pun telah dibangunnya dengam menggunakan dana pribadi, seperti jembatan jodoh sebagai fasilitas selfi warga dan melakukan pengecatan di sebagian area fasilitas olah raga.

“Selain itu kami juga memprioritaskan himbauan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan dan 3 M serta jauh jauh hari sudah mengalokasikan sejumlah sarana protokol kesehatan seperti memasang 4 unit wastafel, yang diletakan disetiap pintu gerbang masuk.SOR, pemeriksaan suhu tubuh, pemberian masker dan juga memasang spanduk himbauan dan fasilitas penunjang lainnya,” pungkasnya

Endang menambahkan, bukan hanya menurunnya pendapatan retibusi tetapi juga selama masa pandemi ini,SOR Kerkop Merdeka Garut kehilangan kegiatan atau even even besar yang biasa menggunakan fasilitas lapang kerkop.

“Salah satu pemasukan SOR Merdeka Kerkop Garut ini selain dari retribusi juga dari Pendapatan penyewaan lapang untuk even even lokal maupun Nasional.namun sejak pandemi melanda hibgga saat ini kegutan yang mengundang banyak masa ditiadakan,”pungkasnya.

Reporter : MD Sumarna