Berikut 4 Formasi Yang Akan Direkrut Dalam CPNS 2019

JAKARTA, KABARNUSANTARA.ID – Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2019 akan segera dibuka pemerintah. Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyebutkan, pengumuman seleksi CPNS tahun ini akan dilaksanakan setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 atau minggu keempat Oktober 2019.

Menurut Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, alokasi yang disediakan untuk CPNS 2019 sebanyak 197.111 formasi, dari jumlah itu, ada 37.854 formasi untuk instansi pusat dan 159.257 formasi instansi daerah.

Ridwan mengatakan, ada empat formasi yang akan diberikan porsi besar dalam CPNS kali ini. Apa saja? Berikut rincian 4 formasi dengan alokasi kursi terbesar pada CPNS 2019, diambil dari video resmi yang dirilis BKN melalui akun Youtube BKN: Guru: 63.000-an formasi Tenaga kesehatan (bidan, dokter, dokter gigi, perawat, dan sebagainya) sebanyak 31.000-an Tenaga teknis fungsional 23.000-an Tenaga teknis lainnya 28.000-an.

Bahkan formasi selain kesehatan dan pendidikan, lanjut Ridwan, tetap akan dialokasikan. “Kurang lebih yang berlatar pendidikan selain itu (humaniora, sosial, teknik), itu pasti akan dibutuhkan,” jelas dia.

Namun, ia belum bisa memberikan keterangan secara rinci mengenai jumlah dari formasi-formasi tersebut. “Tapi kalau pertanyaan-pertanyaan Kabupaten Sidoharjo berapa jumlah gurunya, apakah Kemenkumham akan merekrut SMA misalnya, adakah formasi hukum di Kabupaten Simalungun. Itu termasuk pertanyaan-pertanyaan yang belum bisa dijawab,” kata Ridwan.

“Karena apa, karena penetapan formasi untuk masing-masing instansi memang belum ada. Mohon bersabar,” lanjut dia.

Selain itu, masing-masing instansi akan mengumumkan pengadaan CPNS setelah mendapatkan jatah formasi dari Kementerian PAN-RB. Pengumuman pengadaan CPNS ini akan memuat informasi mengenai jabatan yang kosong, jumlah formasi setiap jabatan, persyaratan setiap jabatan (termasuk syarat pendidikan minimal), tata cara, dan waktu pendaftaran.

Ridwan mengimbau, bagi mereka yang berminat mengikuti rekrutmen CPNS 2019, agar mempersiapkan dokumen yang diperlukan sembari menunggu pengumuman resmi.

Adapun, dokumen itu di antaranya, pas foto, scan ijazah, transkrip nilai, KTP, Kartu Keluarga, dan sejumlah dokumen lainnya. Selain itu, sebelum mendaftar, pelamar harus memastikan latar belakang pendidikan dan kualifikasinya.

“Benar-benar pilih formasi yang sesuai kualifikasi,” kata Ridwan. Menurut Ridwan, dari sekitar 700-an instansi, hanya 541 instansi yang mendapatkan jatah formasi tahun ini.

Sumber : Kompas.com

Post Author: Kabar Nusantara

Media www.kabarnusantara.id adalah media siber indonesia yang memberikan informasi terpercaya untuk khalayak menjadi penyambung lidah antara masyarakat dan penguasa serta unsur lainnya | PT. USPA MEDIA NUSANTARA

Tinggalkan Balasan