GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Pada peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 yang berlangsung di Kabupaten Purwokerto, Menteri Koperasi dan UKM memberikan 6 penghargaan kepada Kabupaten Garut, Jawa Barat. Penghargaan tersebut diberikan kepada dua orang masyarakat yang terlibat aktif meningkatkan citra dan martabat koperasi, yaitu Koperasi Primkopolres dan Koperasi Padamukti.

Baca juga : Sekda Jabar di Tetapkan KPK Sebagai Tersangka Suap Meikarta

Sedangkan penghargaan Bakti Koperasi diberikan kepada para tokoh penggiat koperasi, para pejabat yang telah berkontribusi lebih dari apa yang seharusnya dilakukan, sehingga koperasi di wilayahnya dan dimana koperasi itu tumbuh, seperti di unit-unit kerja, dapat berkembang seiring dengan tujuan menyejahterakan kehidupan anggota. Mereka adalah Kadiskop dan UKM, Eko Yulianto, Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Garut, Imas, dan Bendahara KPGS, Enceng, serta Ketua Koperasi Kontan Tragis, Asep Hadad.

Penghargaan Koperasi Berprestasi dimaksudkan memotivasi koperasi di Indonesia agar lebih baik dari waktu ke waktu.

Baca juga : Terkait Pokir dan BOP, Kejari Periksa Pejabat Sekwan

Peringatan Hari Koperasi Nasional tahun ini mengambil tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”. Tema ini bermakna pentingnya upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat koperasi Indonesia yang sejajar dengan berkembangnya koperasi di dunia.

Di Tingkat Kabupaten Garut, puncak peringatan berlangsung di Gedung Pendopo, Senin (29/7/19). Wakil Bupati Garut turut hadir dalam acara yang sangat sederhana ini.

Baca juga : Dedy Andiansyah Bagi Pengalaman Dari Usaha Sembako Hingga Sales Mobil

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman dalam sambutanya mengatakan, pemerintah kabupaten Garut akan terus hadir dan berkomitmen untuk membangun koperasi melalui berbagai kebijakan dan program dalam bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), kewirausahaan, peningkatan akses pembiayaan, fasilitasi pemasaran, manajemen dan teknologi informasi.

Ditambahkan Helmi, semuanya itu sebagai implementasi dari tata kelola koperasi yang baik (good cooperative governance). Sehingga meningkatkan nilai-nilai transparansi, akuntabilitas, serta partisipasi koperasi sebagai lembaga usaha yang sehat, kuat, tangguh, mandiri, profesional dan terpercaya

“Reformasi Total Koperasi di Era revolusi Industri 4.0” yang menjadi tema tahun ini , dinilai penting dan strategis dalam upaya memajukan koperasi. Diperlukan tindakan konkret untuk perubahan menyeluruh, baik dalam cara pandang, maupun dalam mengelola koperasi secara benar.

Helmi mengajak, kepada seluruh tokoh, pegiat dan pejuang koperasi kabupaten Garut, untuk meneguhkan serta menggelorakan kembali semangat gerakan koperasi, semangat reformasi koperasi dan semangat mewujudkan Garut sebagai kabupaten koperasi, melalui langkah rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan koperasi.

Reporter : Jay

1 KOMENTAR