Berikut Profil Wamen Jokowi Yang Sudah di Lantik 2019

JAKARTA, KABARNUSANTARA.ID – PresidenJokowi baru saja melantik 12 wakil menteri untuk membantu kinerja Kabinet Indonesia Maju, pelantikan tersebut dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/12/19), setelah Jokowi memperkenalkan satu per satu 12 orang pilihannya.

Wakil menteri yang dipilih Jokowi ini ada yang berasal dari unsur partai politik dan profesional, selain itu, ada juga mantan anggota tim sukses dan relawan dalam Pilpres 2019, siapa saja mereka? Berikut ulasan profilnya:

1. Wakil Menteri Pertahanan Posisi wakil menteri pertahanan dijabat Wahyu Sakti Trenggono. Ia adalah pengusaha yang menjadi Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 lalu. Meski tak punya latar belakang militer, Wahyu mengaku siap mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Wahyu akan lebih banyak mengurusi sektor industri pertahanan.

2. Wakil Menteri Agama Posisi wakil menteri agama dijabat oleh Zainut Tauhid Sa’adi. Ia adalah politikus PPP yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum MUI. Zainut Tauhid akan mendampingi Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi.

3. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Posisi ini dijabat oleh Angela Tanoesoedibjo. Ia adalah anak dari bos media MNC group sekaligus Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Di Partai Perindo, ia menjabat sebagai wakil sekretaris jenderal. Meski masih berusia 32 tahun, namun Angela sudah berpengalaman dalam memimpin industri media yang diwarisi sang ayah. Ia akan mendampingi Menparekraf Wishnutama yang juga punya pengalaman panjang di industri media televisi.

4. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Politisi Partai Solidaritas Indonesia Surya Tjandra dipercaya menempati pos ini. Ia akan mendampingi Menteri ATR Sofyan Djalil. Surya ditugaskan Jokowi membantu Sofyan untuk mengatasi masalah konflik agraria. Selain politisi, ia juga adalah seorang akademisi.

5. Wakil Menteri Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat Posisi Wamen PUPR dipercayakan kepada Wempi Wetipo, politikus PDI-P yang pernah menjabat Bupati Jayawijaya. Ia akan membantu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, khususnya dalam pembangunan infrastruktur di wilayah Indonesia Timur.

6. Wakil Menteri Luar Negeri Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Mahendra Siregar dipercaya menempati posisi ini. Ia akan membantu Menlu Retno Marsudi dalam hal meningkatkan kualitas promosi, investasi, perdagangan, serta menjaga dan mengamankan keberlanjutan industri sawit Indonesia. Mahendra diberi waktu satu tahun oleh Jokowi untuk mencapai target yang telah ditetapkan itu.

7. Alue Dohong, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pos ini dipercayakan ke Alue Dohong. Ia adalah Deputi Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut. Alue akan membantu kerja Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. Ia mengaku diajak berdiskusi soal pemindahan Ibukota baru saat menghadap Jokowi.

8. Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ketua Umum organisasi relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi dipercaya menempati pos ini. Budi akan membantu kerja Mendes Abdul Halim Iskandar. Budi ditunjuk menjadi wakil menteri dua hari setelah ormasnya menyatakan membubarkan diri. Ormas Projo kecewa karena Jokowi memilih rivalnya Prabowo Subianto untuk duduk di kabinet. Namun, usai ditunjuk jadi wamen, Budi menyatakan Projo tidak bubar. Ia juga mengaku siap bekerjasama dengan Prabowo.

9. Wakil Menteri Perdagangan Pos ini dipercayakan kepada politisi Golkar Jerry Sambuaga. Ia putra dari politisi senior Golkar Theo L Sambuaga. Pada DPR periode 2014-2019, ia menjadi anggota Komisi I yang salah satunya membidangi sektor luar negeri. Saat menghadap Jokowi, Jerry mengaku ia berdiskusi dengan Presiden Jokowi tentang isu-isu perjanjian internasional dan perdagangan internasional. Jerry akan membantu Mendag Agus Suparmanto.

10. Wakil Menteri Keuangan Wakil Menkeu dijabat Suahasil Nazara. Ia adalah Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. Suahasil mengaku diminta Jokowi membantu Menkeu Sri Mulyani dalam menyusun kebijakan untuk mempercepat investasi, meningkatkan serapan tenaga kerja, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

11-12. Dua Wakil Menteri BUMN Presiden Jokowi menunjuk dua orang sekaligus untuk menjadi wakil menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendampingi Erick Thohir. Keduanya yakni Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wiryoatmojo dan Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin. Budi menyebut ia dan Tiko ditugaskan Jokowi untuk membuat BUMN bisa membantu masyarakat lepas dari kemiskinan. Ia menilai BUMN bisa mempunyai peran ini lewat perusahaan seperti PT Perkebunan Nusantara dan Perhutani. Sementara itu, Jokowi sebelumnya menyebut Kementerian BUMN membutuhkan lebih dari satu wakil menteri karena ada lebih dari 140 perusahaan BUMN yang mesti dikelola.

Sumber : Kompas.com

Post Author: Kabar Nusantara

Media www.kabarnusantara.id adalah media siber indonesia yang memberikan informasi terpercaya untuk khalayak menjadi penyambung lidah antara masyarakat dan penguasa serta unsur lainnya | PT. USPA MEDIA NUSANTARA

Tinggalkan Balasan