oleh

Bripka Hilman Dinobatkan sebagai Bhabinkamtibmas Terbaik Se-Polres Garut

GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Bripka Hilman, SE dinyatakan sebagai Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) terbaik se-Polres Garut tahun 2019.

Penghargaan untuk Hilman diserahkan Bupati Garut H. Rudy Gunawan yang menjadi Inspektur Upacara Hari Bhayangkara ke 73 di Lapangan Bayongbong, Rabu (10/7/2019).

Hilman yang menjadi Bhabinkamtibmas di Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul dinilai bisa menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi sebagai pembina masyarakat. Ia tak segan terjun pada malam hari ke tengah masyarakat , baik untuk menjenguk dan memantau petugas siskamling di wilayah binaannya, maupun menjenguk warga yang sakit atau meninggal dunia.

Hilman menyatakan bersyukur atas penghargaan yang diterimanya. Ia sendiri tak menyangka akan mendapat penghargaan setinggi itu.

“Saya ucakan kepada Bapak Kapolres, Bapak Bupati dan warga Garut atas dukungannya sehingga saya mendapatkan penghargaan yang bagi saya sangat berarti ini. Tanpa mereka saya bukan apa-apa,” ujarnya usai menerima penghargaan.

Menurutnya, Bhabinkamtibmas adalah polisi terdepan yang bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat.

“Petugas Bhabinkamtibmas dituntut agar terus meningkatkan kerja sama dengan masyarakat dan jajaran kelurahan, desa, dan forum komunikasi polisi masyarakat,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, penghargaan itu memantik semangatnya untuk bekerja lebih baik lagi.

Sementara Wildan, warga Kampung Empang, Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, menyebut penghargaan yang diterima Bripka Hilman adalah hal yang wajar. Menurutnya, Hilman sosok aparat yang dekat dengan warga dan bisa membina masyarakat dengan baik.

“Pak Hilman itu tak jarang memberikan sumbangan kepada warga miskin dan cacat di kelurahan kami. Bukan jumlah sumbangannya yang kita nilai, tapi niatnya yang peduli pada orang miskin dan cacat itu yang kami pandang baik, kata Wildan.

Hilman juga, lanjutnya, mengaktifkan pos ronda yang ada di wilayah kerjanya. Jika ada persoalan sesama warga, nantinya akan dicarikan solusi yang terbaik.

“Kalaupun ada persoalan di antara warga, untuk hal hal kecil, misalnya perkelahian atau pencurian kecil, tidak perlu diselesaikan jalur hukum. Tapi dicarikan solusi terbaik kedua belah pihak,” kata Wildan.

Ditambahkannya, Hilman pun tak sungkan mendatangi warga di pos ronda saat malam hari. Tak hanya untuk bersosialisasi, melainkan untuk memberikan pembinaan tentang pentingnya siskamling dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Reporter: MD Sumarna
Editor : Mustika

Komentar

News Feed