JAKARTA, KABARNUSANTARA.ID – Roti panggang alpukat atau avocado toast sempat menjadi makanan tren. Tapi kini muncul kreasi baru berupa roti panggang buah tin yang juga hits di Instagram. Bagaimana ya tampilannya?

Roti panggang atau toast jadi menu sarapan favorit banyak orang. Biasanya toast dinikmati dengan olesan gurih ataupun manis.

Bisa ditambahkan mentega saja atau dinikmati dengan olesan selai manis seperti cokelat, kacang, stroberi, nanas, dan lainnya. Pilihan lain ialah tambahan lembaran keju cheddar, daging ham, hingga telur.

Roti panggang dengan topping alpukat juga sempat jadi tren. Alpukat tersebut diiris lalu disajikan sebagai topping.

Ada juga alpukat yang dihaluskan lalu dioleskan di atas roti. Biasanya ditambahkan juga telur setengah matang di atasnya agar makin nikmat.

Namun kini tren roti panggang alpukat mulai ditinggalkan. Dilansir dari Daily Mail (27/10), yang dilansir dari detik.com, roti panggang yang jadi tren belakangan ini menggunakan topping buah tin atau ara atau fig.

Buah tin sendiri banyak tumbuh di Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan. Namun sekarang banyak dibudidayakan di Australia hingga Amerika Serikat.

Buah tin bentuknya bulat agak lonjong. Warna kulitnya ungu kehitaman dan bagian dalamnya berwarna merah, seperti delima.

Rasa buah tin ini manis dan segar. Biasanya buah tin ini dinikmati dalam keadaan segar, kering, hingga jus.

Tak hanya itu saja, kini buah tin dijadikan topping roti panggang nikmat. Sama seperti halnya alpukat, buah tin juga dijadikan topping roti bersama keju krim atau bahan lainnya.

Roti yang digunakan untuk kreasi roti panggang buah tin ini juga beragam. Bisa menggunakan roti tawar biasa, roti gandum, croissant, hingga sourdough.

Terlebih dahulu roti dipanggang hingga kecokelatan. Kemudian diberikan olesan keju krim atau selai kacang. Setelah itu di atasnya diberi susunan buah tin yang rapi.

Buah tin kini banyak ditanam di berbagai daerah di Indonesia, terutama di Jawa. Selain dijual di pasar juga mudah dibeli lewat toko online. Harganya juga terjangkau.

Buah tin memiliki banyak nutrisi dan manfaat sehat. Diantaranya bermanfaat dalam mencegah dan mengobati sembelit, diabetes, hingga asma.