GARUT, KABARNUSNATARA.ID – Bupati Garut H Rudy Gunawan Pimpin Apel Siaga Penanggulangan Bencana Tingkat Kabupaten Garut d di halaman Alun-alun Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (15/01/20).

Hadir dalam apel tersebut Bupati Garut H Rudy Gunawan, Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah, Dandim 0611 / Garut Letkol Inf Erwin Agung TWA, Dandenpom lll/2 Garut Letkol Cpm Yulius Amra, BNPD Garut, Yonif Raider 303 Garut, 301 Sumedang, Dishub, dan tamu undangan lainya.

Dalam sambutannya Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan, selaku pimpinan daerah dirinya menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini sebagai bagian peningkatan kapasitas masyarakat.

”Setidaknya kita menunjukan jati diri kita dalam upaya pengurangan resiko bencana yang bermuara terhadap hak hidup masyarakat di kabupaten Garut khususnya,” kata Rudy.

Bupati mengingatkan kembali pentingnya kesiapsiagaan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana mengingat wilayah Kabupaten Garut mempunyai 13 titik potensi rawan bencana alam diantaranya banjir dan tanah longsor.

”Tentunya kita tidak berharap dan berdoa agar tahun 2020 dan tahun tahun berikutnya Kabupaten Garut dijauhkan dari segala bencana alam, Aamiin YRA,” tuturnya.

Namun apabila terjadi lanjutnya, kita sudah siap secara dini menyiapkan langkah langkah antisipasi secara terpadu, bencana alam tidak dapat di cegah, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana upaya kita semua untuk dapat meminimalisir dampak yang kemungkinan terjadi akibat bencana tersebut atau yang biasa disebut mitigasi bencana.

”Oleh karena itu apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor tahun 2020 adaah salah satu upaya pengurangan resiko bencana dengan subyeknya masyarakat langsung. Dengan demikian masyarakat akan semakin tangguh dalam penanggulangan bencana, masyarakat yang tangguh bencana ialah masyarakat yang mampu mengantisiasi dan meminimalisir kekuatan yang merusak melalui adaptasi. Serta mampu mengelola dan menjaga stuktur fungsi dasar tertentu ketika terjadi bencana,” pungkasnya.

Reporter : MD Sumarna

Editor : Slamet Timur