JAKARTA, KABARNUSANTARA.ID. – Bupati Halmahera Timur Muhdin Ma’bud meninggal dunia usai mendaftar untuk Pilkada 2020. Sebelum meninggal dunia, Muhdin tengah berorasi politik da deklarasi di depan pendukungnya, Namun saat Orasi Bupati Halmahera Timur saat itu baru berlangsung 20 menit. Secara tiba-tiba, Muhdin terjatuh di atas podium dan kemudian langsung dibawa ke rumah sakit Kota Maba namun nyawa beliau tidak tertolong, ujarnya.

“Setelah pendaftaran yang berlangsung pada Jumat 4 September pukul 10.00 WIT, calon petahana berorasi politik di hadapan simpatisan serta pengurus partai pengusung, di antaranya Partai NasDem, Demokrat, Golkar, Hanura dan PKPI,” bunyi keterangan tertulis yang disampaikan Dirjen Otda Akmal Malik, Jumat (4/9/20).

Akmal Malik mendapatkan laporan dari Sekdaprov Maluku Utara terkait meninggalnya Bupati Halmahera Timur. Bupati Halmahera Timur saat itu berorasi di kediamannya.

“(Orasi) yang berada di kediamannya, Desa Sangaji, Kecamatan Kota Maba, Kabupaten Haltim. Belum diketahui penyebab meninggalnya Bupati Halmahera Timur Muhdin Ma’bud yang merupakan politikus Partai Golkar ini.

Diketahui, dalam Pilbup Halmahera 2020 pasangan Muhdin-Anjas didukung Golkar, Partai NasDem, Demokrat, Hanura dan PKPI.