EKONOMI, KABARNUSANTARA.ID – Pasar Asia kembali dibuka bervariasi seiring dengan langkah investor yang menunggu kebijakan moneter selanjutnya yang akan dilancarkan oleh bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed).

Berdasar data yang dihimpun dari Bloomberg pada Rabu (10/6/2020), indeks Topix Jepang terkoreksi 0,6 persen yang diikuti oleh Shanghai Composite Index yang turun 0,2 persen.

Pergerakan positif terjadi pada Hang Seng Hong Kong yang naik 0,5 persen disusul oleh indeks Australia S&P/ASX200 dan Kospi Korea Selatan yang masing-masing naik 0,2 persen dan 0,1 persen.

Sementra indeks berjangka S&P 500 menikmati kenaikan setelah sempat melemah 0,8 persen. pada Selasa lalu. Nasdaq 100 juga sempat bertengger di level 10.000 setelah Apple Inc mengumumkan akan membuat prosesor komputer untuk produknya.

Setelah reli yang menambah US$21 triliun pada pasar modal, indikator teknikal memperlihatkan potensi terjadinya pullback. Sentimen terhadap pasar modal AS bergerak secara ekstrim dari keyakinan penuh investor hingga kepanikan maksimal dalam waktu kurang dari tiga bulan.

“Terlihat akan ada periode konsolidasi pasar seiring dengan investor yang menunggu kabar terkait pandemi virus corona untuk menetapkan langkah di pasar selanjutnya,” ujar Head of Multi-Asset di Janus Henderson Investors Paul O’Connor.

Perhatian investor akan tertuju pada pertemuan The Fed pada Rabu ini yang kemungkinan akan menetapkan kebijakan pinjaman lanjutan tanpa melakukan pelonggaran moneter. The Fed juga akan merilis laporan angka ketenagakerjaan dan target pertumbuhan untuk pertama kali sejak pandemi virus corona.

Berikut adalah pergerakan pasar lainnya

Mata Uang

Nilai Yen Jepang terpantau di level 107,79 per dolar AS

Nilai yuan di posisi 7,0791 per dolar AS

Nilai euro diperdagangkan di level at $1,1332.

Bonds

Imbal hasil US Treasuries tenor 10 tahun naik ke posisi 0,83 persen

Imbal hasil obligasi Australia dengan tenor 10 tahun turun 3 basis poin ke 1,02 persen

Komoditas

Harga minyak West Texas Intermediate crude turun 1 persen menjadi $38.55 per barel

Harga emas naik 0,1 persen ke $1.717,58 per ounce
Regards,

Sumber : Bloomberg