Cadangan Pangan Memadai Wajib di Miliki Indonesia Saat Pandemi Covid 19 ini

0
112

JAKARTA, KABARNUSANTARA.ID – Sakti Wahyu Trenggono Wakil Menteri Pertahanan  menyebutkan bawah Indonesia harus memiliki cadangan pangan yang memadai, terutama di masa pandemi Covid-19.

Ia mengatakan bahwa kekuatan ketahanan pangan tidak kalah penting bila dibandingkan dengan kekuatan senjata, apalagi dalam menghadapi dampak akibat dari pandemi di kondisi saat ini.

Ia sampaikan pernyataan tersebut dikala memimpin Rapat tentang Pembahasan dan Pengelolaan Kawasan Eks Pengembangan Lahan Gambut (PLG) di Provinsi Kalimantan Tengah di kantor Kementerian PUPR, Selasa (23/6/2020).

Rapat yang membahas mengenai aksi bersama kementerian dan lembaga dalam pengembangan kawasan food estate di Kalimantan Tengah dalam usaha mendukung program penguatan ketahanan pangan nasional.

Sakti Wahyu menyebut Kementerian Pertahanan mengharapkan adanya peningkatan ketahanan pangan dalam mengantisipasi akibat wabah penyakit seperti Covid-19 yang mungkin saja dapat terjadi kembali di masa yang akan datang.

“Belajarlah dari sejarah perang, apabila kita memiliki senjata tanpa kekuatan cadangan pangan akan kacau juga,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (23/6/2020) dilansir dari bisnis.com.

Kemhan bersama Kementerian BUMN ,Kementerian PUPR, Kementerian Kehutanan , Kementerian Pertanian dan Lingkungan Hidup berencana mengembangkan kawasan food estate salah satunya di Kalimantan Tengah.

“Kita harus mempunyai cadangan pangan dan punya lahan tetap untuk tanaman pangan yang bakal dikembangkan. Jadi lahan itu tidak boleh berubah fungsinya,” tuturnya.

Kata dia, terdapat tiga tanaman pangan utama yang harus dikembangkan untuk ketahanan pangan nasional yaitu tanaman singkong ,padi dan jagung.

“Bayangkan ,akan luar biasa turunanya kalau ini dapat kita jalankan. Misalnya untuk pertanian jagung dan singkong, disampingnya bisa dilanjutkan dengan ternak sapi.” pungkasnya

Reporter : Fauzen
Editor : ST