Cara Mudah Cari Duit dengan Menjadi Youtuber

2
219

JAKARTA|KABARNUSANTARA.ID – Saat ini kita ada di masa teknology semakin maju, kemajuan teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dengan metode berbisnis online yang mudah, menjual foto secara online, menjadi professional gamer, web design, freelancer, blogger, vlogger, hingga youtuber.

Suport Like And Subcribe akun kita

Profesi tersebut saat ini semakin popular apalagi youtuber yang baru-baru ini terus naik daun, jika mendengar kata youtuber apa yang terbayang di benak kamu saat ini? Seseorang bisa dikatakan sebagai youtuber jika orang tersebut menjadikan YouTube sebagai media untuk berbagi info lewat video kepada orang banyak.

Youtuber ini tak bisa dipandang sebelah mata (kalo sebelah mata pecak dong) karena ternyata mereka bisa meraup penghasilan puluhan hingga ratusan juta dari video yang mereka upload. Sudah dapat uang banyak, youtuber juga bisa menjadi terkenal dan memiliki banyak fans.

Setiap harinya hampir semua orang mengunjungi situs YouTube karena orang lebih suka dimanjakan dengan visual atau gambar dibanding membaca sebuah tulisan di website atau blog. Banyak yang meragukan dan tidak percaya kalau menjadi youtuber bisa mendatangkan banyak pundi-pundi uang.

YouTube merupakan situs gratis berbagi video yang dimiliki oleh Google. Ketika kamu menjadi youtuber, maka otomatis kamu akan bermitra dengan Google sebagai pemilik YouTube.

Video-video yang kamu upload di YouTube ini akan menampilkan iklan dari Google AdSense dan kamu akan mendapatkan uang jika ada orang yang menonton dan mengklik ikan tersebut. Ikan-iklan dari Google akan muncul di awal video secara otomatis.

Coba saja kamu bayangkan jika videomu menjadi viral dan channelmu mendapatkan subscriber yang banyak seperti para youtuber yang sudah memulai beberapa tahun yang lalu, bukankah youtuber bisa menjadi cara mendapatkan uang dengan cepat? Kalau tekadmu sudah bulat, sekarang kamu bisa menerapkan langkah-langkah awal untuk menjadi youtuber pemula yang diberikan kami berikut ini:
1. Membuat akun dan channel YouTube

Membuat akun youtube itu mudah dan gampag asal kamu mengikuti syarat dan ketentuan nya Dok. marketingland.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun YouTube terlebih dahulu. Kamu bisa masuk ke YouTube dengan menggunakan akun Gmail milikmu.

Setelah itu, kamu tinggal membuat channel YouTube dengan mengklik ‘my channel’. Buatlah nama channel yang menarik dan mencerminkan video-video yang akan kamu upload.

2. Akun adSense juga perlu dibuat

Akun Adsense ini penting untuk kamu meraih rupiah dari youtube (Google Picture)

Berhubung YouTube Jika ingin mendapat uang dari video-video yang kamu upload di YouTube, pastinya kamu juga harus membuat akun Google AdSense yang akan menyalurkan iklan-iklan di videomu.

Kamu hanya dibolehkan memiliki satu akun AdSense untuk memudahkan pembayaran nantinya. Sedangkan untuk mengaitkan video dengan AdSense ini, kamu hanya membutuhkan minimal tiga video original yang telah diupload dengan ketentuan youtube.

3. Tentukan target penonton
Setelah itu, tentukan target penonton dengan benar. Kalau sasaranmu kebanyakan adalah perempuan berusia 17-35 tahun, kamu bisa lebih banyak mengupload video tentang tutorial, baik itu tutorial memasak atau make up. Target penonton juga akan menentukan gaya bahasa yang kamu gunakan.

4. Buat video yang berkualitas
elanjutnya, kamu bisa mulai membuat video yang kamu inginkan. Durasi yang diperlukan tak perlu panjang, cukup sekitar 5-20 menit saja agar penonton tidak merasa bosan. Kamu bisa merekam video dengan menggunakan kamera ponsel. Untuk inspirasi, ada beberapa tipe video yang biasanya sering ditonton orang lewat YouTube seperti:

Video tutorial
Video tuturial seperti tutorial hijab, memasak, DIY, dan lain sebagainya akan banyak ditonton orang karena langsung mempraktekkan sesuatu dan berguna untuk orang yang ingin belajar tentang sesuatu.

Video list
Video list ini bisa berupa list top 10 atau top 20 yang memuat kolase foto atau potongan-potongan video. Rata-rata orang yang menonton video list ini akan menontonnya hingga habis karena penasaran dengan keseluruhan isi list-listnya.

Video unboxing
Manusia memiliki rasa keingintahuan yang teramat tinggi. Apalagi terhadap sesuatu yang baru seperti gadget atau peralatan elektronik. Tak heran jika orang kemudian mencari video-video unboxing terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu.

Video mukbang
Semua orang pasti suka melihat kuliner lezat yang bisa menggugah selera. Video mukbang merupakan video yang akan menampilan kamu menyantap aneka kuliner lezat tertentu dan nantinya kamu akan menjelaskan seperti apa citarasanya kepada penonton.

Video parodi
Video parodi selalu bisa membuat kita tertawa dan terhibur sehingga tak heran kalau ada banyak orang yang menontonnya. Video ini bisa berupa menirukan sesuatu baik itu adegan di film, anime, drama, hingga lagu.

Video hewan
Punya hewan peliharaan di rumah? Kamu bisa memvideokannya secara diam-diam karena hewan peliharaan selalu memiliki tingkah yang lucu dan jenaka sehingga bisa membuat membuat penonton gemas.

Vlog
Terakhir ada vlog yang merupakan kepanjangan dari video blog. Vlog memang sangat tren di kalangan para artis karena video ini membuat kamu berkomunikasi atau bercerita secara langsung kepada penonton, baik itu bercerita tentang pengalaman hingga kehidupan sehari-hari. Misalkan saja kamu menceritakan bagaimana cara untuk mendapatkan uang dengan cepat untuk mahasiswa, cara untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri, dan lain sebagainya.

Kamu harus selalu membuat video yang original jika ingin akun YouTubemu memiliki banyak subscriber. Kalau kamu mengambil cuplikan video orang lain, usahakan untuk mencantumkan copyright dari video tersebut.

5. Upload video
Konten video yang menarik dan berkualitas akan jadi sia-sia kalau kamu tidak memperhatikan hal-hal di bawah ini saat menguploadnya:

Judul Video
Judul video sangat menentukan pencarian video milikmu karena selain dirimu ada puluhan ribu youtuber lain yang menjadi sainganmu. Jangan sampai judul video missleading dan tidak relevan dengan video yang kamu upload. Gunakan judul yang mengandung keyword karena bagaimanapun juga kamu harus menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

Thumbnail
Thumbnail adalah image di bagian depan yang muncul ketika orang menemukan video milikmu. Jadi usahakan untuk menggunakan thumbnail yang menarik dan bisa mewakiliki keseluruhan isi video.

Deskripsi
Buat deskripsi video yang jelas, padat, tidak kaku, dan pastinya memiliki keyword di dalamnya. Kamu juga bisa menambahkan link keluar yang masih relevan dengan videomu.

Cantumkan tag yang relevan
Selalu cantumkan tag yang relevan dengan video karena tag merupakan semacam pengkategorian video sehingga tag yang bagus bisa membawa banyak penonton. Gunakan setidaknya 12 tag dengan jumlah karakter yang tak lebih dari 120 karakter dan pisahkan dengan tanda kutip ganda, misalkan “tutorial hijab, tutorial hijab kekinian, tutorial hijab square.”

6. Promosikan Video

elegraph.co.uk

Berhubung kamu masih youtuber pemula, video yang sudah dibuat dan diupload tak langsung serta merta bisa dilihat banyak orang karena kamu pasti belum memiliki subscriber. Jadi pintar-pintarlah melakukan promosi dengan mulai membagikan link atau mendistribusikan video melalui akun jejaring sosial milikmu seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Google+, dan lain sebagainya.

Tapi jangan sekali-kali kamu melakukan spam di sosial media dengan mengupload link video youtube yang sama berulang-ulang kali karena kemungkinan besar akun kamu malah dibanned. Biarlah penonton mengunjungi videomu secara natural. Meski memakan waktu yang cukup lama, tapi pertumbuhan secara perlahan ini jauh lebih baik dibanding traffic video yang meloncat tinggi hanya beberapa saat saja.

Waktu yang dibutuhkan untuk menjadi mendapatkan banyak subscriber dan menaikkan traffic secara alami adalah kurang lebih satu tahun. Cara lain untuk mempromosikan video adalah dengan cara berkolaborasi dengan youtuber lain. Hal ini sudah terbukti mampu mendongkrak traffic dan mendatangkan subscriber baru secara otomatis.

7. Aktif berkomunikasi

Rajin berkomunikasi dengan khalayak (Google Picture)

Setelah menonton videomu, ada beberapa orang yang akan meninggalkan komentar. Sebagian ada komentar yang bagus dan membangun, tapi ada juga yang negatif atau menjelek-jelekkan. Terimalah semua komentar dengan baik. Kalau ada yang memberi komentar jelek, kamu bisa menanggapinya dengan berusaha untuk memberikan video yang lebih baik lagi.

Adanya komentar positif atau negatif menandakan kalau mereka peduli dengan karya-karyamu. Jadi sekali-kali diabaikan. Usahakan untuk selalu aktif berkomunikasi dengan bertanya dan meminta masukan mereka untuk konten video berikutnya. Ingatlah kalau kamu bisa menjadi youtuber yang sukses berkat adanya viewer dan subscriber.

Sumber : https://www.halomoney.co.id/blog/begini-cara-mudah-cari-duit-cepat-dengan-menjadi-youtuber