Catatan Ketua KPLHI Roni Faisal Adam Untuk Bupati Garut

0
256

KABAR NUSANTARA – Kabar Lingkungan, Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) Roni Faisal Adam, Pak Bupati, sebelumnya saya ucapkan selamat atas terpilihnya Pak Bupati untuk masa jabatan kedua.

Sekedar saran dan masukan untuk sektor lingkungan tampaknya harus banyak yang dibenahi dan diprioritaskan salah satunya terkait dengan sampah.

Pak Bupati, kita tidak boleh menutup mata, sampah sudah menjadi masalah yang serius bahkan darurat, dimana volume sampah yang dihasilkan masyarakat dan armada serta TPA nya sudah tidak sebanding.

Untuk itu sesuai Perda 29 Tahun 2011 Tentang RT RW kami mohon di Tahun 2019 hal ini diperhatikan diantaranya, dengan menyediakan armada pengangkut sampah di tiap kecamatan serta membenahi keberadaan TPA Pasir Bajing.

Kalaupun tidak memungkinkan armada tersebut tersedia di tiap kecamatan diusahakan ada di tiap wilayah yang berdekatan, saat ini yang kami tahu hanya di Kecamatan Wanaraja saja yang telah memiliki armada sampah.

Kami juga meminta Pak Bupati untuk kembali membenahi Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan (RDTK) sebelum zona industri di Kabupaten Garut diberlakukan.

Jangan dulu mengundang investor kalau semua hal yang terkait belum diselesaikan karena akan menimbulkan masalah seperti halnya yang terjadi di Kecamatan Limbangan yang belum mendapatkan solusi terbaik.

Selain itu kawasan pertambangan ilegal, harus ditertibkan sebelum kerusakan di beberapa kawasan semakin parah, apalagi kawasan yang menjadi eksplorasi tambang itu berada dalam wilayah konvservasi.

(ESR/Red)