Cegah Penyebaran Virus Corona, Garut Akan Lockdown Lokal

0
266

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Semakin meningkatnya jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus Corona di Kabupaten Garut, Bupati Garut Rudy Gunawan berniat untuk memberlakukan Lockdown lokal.

”Kita akan lakukan lock down lokal setelah ada PP yang mengaturnya, sesuai UU 6 2018 tentang kekarantinaan dengan istilah karantina wilayah,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan, Minggu (29/2/2020).

Dikatakan Bupati, langkah ini di ambil mengingat kekhawatirannya  semakin bertambahnya ODP setiap harinya.

Selain itu tindakan keras akan dilakukan kepada masyarakat yang mengabaikan anjuran Social Distancing yang dikeluarkan pemerintah.

”Ketegasan ini harus dilakukan, karena di kota Garut masyarakat masih banyak keluar rumah dan saya melihat sendiri ibu ibu bawa anaknya jalan – jalan ke pengkolan itu membahayakan, ODP di Garut sudah lebih 500 orang ini sudah sangat berbahaya, apalagi sekitar lebih dari 50 ribu orang akan mudik menjelang bulan Ramadhan,” ungkapnya.

Untuk Lockdown Lokal, sambung Rudy, pihaknya akan ke daerah – daerah pedesaan akan dilakukan Lock dengan mobil Puskesmas dibantu oleh Bhabinkamtibmas, Babhinsa serta RT / RW secara sinergi mereka menjaga wilayahnya.

Selain itu mereka yang baru pulang dari kota zona merah dan manapun akan diperiksa kesehatannya dengan ketat, serta harus mengisolasi diri dirumahnya selama 14 hari.

”Apabila masih membandel, kita akan melakukan langkah – langkah penegakkan Maklumat Kapolri, Kami sendiri memberikan dukungan dan tentu itu adalah hal yang harus dilakukan penindakan secara hukum karena membahayakan keselamatan orang lain” pungkasnya. (*)

Reporter : MD Sumarna

Editor : Ade Indra