GARUT|KABAR NUSANTARA.ID – Pulang ke kampung halaman di Kabupaten Garut tentu sangatlah mengasyikkan. Sebab, potensi tempat wisata Garut terbilang mumpuni. Kota yang diapit pegunungan ini memiliki banyak spot wisata keren. Apalagi soal kulinernya. Garut punya segudang tempat  yang menjanjikan.

Yang tidak kalah seru di Garut adalah tempat makannya yang bervariasi dan kaya akan menu kuliner khas Garut, Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sawah khas pedesaan serta pesona keindahan alamnya.

Salah satu wisata unik ialah Pasar Ceplak, pasar yang disebut sebagai tempat wisata kuliner khas Garut,  sudah ada sejak tahun 1970an merupakan tujuan wisata yang sudah terkenal baik oleh warga setempat dan orang dari luar Garut.

Selain menjadi pusat jajanan malam yang masih eksis hingga saat ini, ternyata Pasar Ceplak memiliki cerita menarik dibalik namanya. Ceplak dalam bahasa Sunda berasal dari kata nyeplak. Artinya makan dengan bersuara.

Kisah bermula pada tahun 1970an, saat Garut mengalami kemarau berkepanjangan. Akibatnya warga sulit untuk mendapatkan nasi. Sehingga nasi menjadi makanan langka dan mahal ketika itu.

Untuk menyiasati kondisi tersebut, penduduk setempat pun mengonsumsi oyek, nasi yang dicampur singkong. Kabarnya, mereka menikmati menu oyek hingga ceplak, yaitu mengeluarkan suara saat makan. Kejadian tersebut berlangsung lama hingga akhirnya lokasi berdagang di tengah kota Garut itu dinamai Pasar Ceplak.

Keunikan dari pasar yang terletak di jalan Siliwangi ini hanya buka pada malam hari. Pasar Ceplak buka setiap hari mulai pukul 16.00-22.00 WIB. Tidak heran kalau Pasar Ceplak dikenal sebagai pusat wisata kuliner lokal di malam hari.

Sedangkan pagi sampai siang hari, jalan ini merupakan jalan umum yang marak lalu-lintas kendaraan.

Tetapi pemandangan akan berubah ketika menjelang sore, dengan mulai nampak aktivitas dan kesibukan para penjual yang menyiapkan gerobak-gerobak atau warung tenda untuk mulai menjajakan makanan di sini.

Di sepanjang jalan bisa ditemukan puluhan pedagang yang menjajakan berbagai jenis makanan khas Garut hingga makanan khas daerah lain.

Sumber : www.Garutraya.com