Cuci Kaki Ibu Warnai Kenaikan Tingkat Pramuka SMK Bidara Mukti Garut

GARUT | KABARNUSANTARA.ID.- Puluhan Anggota Gerakan Pramuka Pangkalan SMK Kesehatan Bidara Mukti, Cibatu, Garut, Jawa Barat, mengikuti Perkemahan Jum’at, Sabtu, Minggu (PERJUSAMI). Kegiatan yang berlangsunng tanggal 8 – 10 November 2019 ini digelar untuk kenaikan tingkat atau alih golongan dalam jenjang kepramukaan.

Mereka berjumlah 52 orang, terdiri dari, 22 orang berstatus sebagai calon anggota penegak bantara , 15 orang sebagai Panitia sekaligus Calon Penegak Laksana, dan 15 orang berstatus sebagai Dewan Ambalan, Gahara Widjaja Suria R.A Lasminingrat .

Acara yang di hadiri oleh Pembina Pramuka SMK Kesehatan Bidara Mukti, ka Mabigus, dewan guru, Kwarran Sukawening dan Dewan Kerja Ranting (DKR) Sukawening, serta orang tua peserta. “Golongan pramuka penegak ini adalah orang muda yang sadar akan dirinya, sadar akan fungsinya sebagai bagian dari masyarakat, dan mampu menjadi bagian penting di masyarakat” kata Denden selaku Pembina Putra Pangkalan SMK Kesehatan Bidara Mukti.

Denden menambahkan, dalam pelaksanaan perkemahan alih tingkat ini juga dilakukan kegiatan Renungan Malam, Sungkeman dan Cuci Kaki Ibu. Kegiatan cuci kaki ibu ini selalu dilakukan setelah diadakannya Renungan Malam dan pelantikan bantara. Prosesi cuci kaki ibu ini dihadiri oleh seluruh orang tua penegak bantara , diikuti dengan pembacaan doa oleh ustadz yang diundang untuk mengisi acara tersebut.

“Pendidikan karakter yang diserukan oleh Mentri Pendidikan, secara tidak langsung mengarahkan kita belajar mandiri. Mengatasi masalah sendiri, dalam bidang sosial dan kekeluargaan serta melatih kedisiplinan, secara tidak sadar mereka itu belajar dalam perkemahan, dan mengatasi kesulitan diri sendiri,” pungkas Denden. 

 

Reporter : Bunga CAP

Editor : Slamet Timur

Post Author: Kabar Nusantara

Media www.kabarnusantara.id adalah media siber indonesia yang memberikan informasi terpercaya untuk khalayak menjadi penyambung lidah antara masyarakat dan penguasa serta unsur lainnya | PT. USPA MEDIA NUSANTARA

Tinggalkan Balasan