Dahsyatnya Manfaat Shalawat

0
167


ISLAMI|KABARNUSANTARA.ID -Memperbanyak shalawat ternyata memiliki manfaat yang dahsyat bagi seorang muslim. Selain menunjukkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW, pahala yang diterima pun berlipat.

Rasulullah bersabda:

“Bagi siapa yang membaca sholawat kepadaku walau cuma satu kali maka Allah SWT akan membalas kebaikan kepadamu sepuluh kali dan sepuluh derajat ” ( HR. Muslim : 408).

Para ulama juga sepakat bahwa memperbanyak shalawat akan membuka tabir penghalang dikabulkannya doa kita oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Setiap do’a akan terhalangi sampai orang tersebut membaca sholawat kepada Nabi. (H.R. Thabarani. Al-Albani menghasankan). Oleh karena itu, awalilah dengan membacakan shalawat setiap kali kita memanjatkan doa.

Dalam sebuah riwayat disebutkan, suatu hari Ubay bertanya: “Wahai Rasulullah, saya ingin memperbanyak shalawat untukmu, berapa banyak aku harus bershalawat untukmu dari do’aku?” Beliau menjawab: “Terserah kamu.” Ubay bertanya: “seperempat?” Beliau menjawab: “Terserah kamu. Jika kamu tambah, itu baik untukmu.” Ubay bertanya: “Kalau setengah?” Beliau menjawab: “Terserah kamu. Jika kamu tambah, itu baik untukmu.” Ubay bertanya lagi: “Kalau dua per tiga?” Beliau menjawab: “Terserah kamu. Jika kamu tambah, itu baik untukmu.” Ubay bertanya: “Kalau begitu aku jadikan do’aku semuanya untuk (bershalawat atas)-mu.” Beliau menjawab: “Jika demikian, pasti dicukupkan kebutuhanmu dan diampuni dosamu.” (HR. at-Tirmidzi).

Baca juga :

Satgas Anti Kasbon di Garut Jadi Perbincangan Netizen

Lab Mini dan Saron Simulator dari Garut Jadi Pusat Perhatian Para Menteri

Sementara itu, Ibnu Qayyim rahimakumullah menyebutkan beberapa manfaat dan keistimewaan shalawat.

1.Shalawat merupakan salah satu sebab terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan dunia serta mensucikan hati seorang muslim.

2.Shalawat adalah salah satu sebab ditambahkannya cahaya bagi seorang muslim ketika ia melintasi shirat diatas neraka jahannam yang gelap gulita diakhirat kelak.

3.Shalawat dapat menyebabkan adanya pujian dan sanjungan dari penduduk langit dan bumi terhadap orang yang mengucapkannya.

4.Shalawat adalah penyebab adanya berkah dalam diri orang yang mengucapkannya,juga adanya berkah dalam amal perbuatan dan umurnya.

Semoga bermanfaat.

Mustika, dari berbagai sumber