KABAR NUSANTARA – Pergerakan Mahasiswa, Ratusan perserta hadir dalam sebuah acara Pelantikan Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) Periode 2018-2020 yang dihadiri hakim mahkamah konstitusi DR. Wahidudin Adams S.H,.M.A berlokasi di hotel bumi kitri cikutra bandung.

Prosesi Pembacaan Surat Keputusan dan Pelantikan ISMAHI oleh Dewan Nasional berlangsung hidmat yang di ikuti 43 Pengurus Pusat dari Berbagai Kota Se-Indonesia, Kamis (15/03/18).

Sekretaris Jendral (Sekjen) ISMAHI Uha Suhaerudin (22) dari STH Galunggung Tasikmalaya dalam sambutannya mengatakan bahwa ismahi harus memberikan kontribusi yang pasti untuk perkembangan hukum di indonesia.

“Terutama kami menyoroti secara khusus dalam kuliah umum yang diberikan oleh hakim mk mengenai pasal- pasal yang multitapsir sehingga jelas sekali peran kami bagi ISMAHI untuk mengawal perkembangan hukum yang ada di indonesi,”Ungkap Sekjen Asal Tasik Tersebut.

Sementara di sisi lain Bendahara Umum ISMAHI Evan Saepul Rohman (22) dari STH Garut menambahkan bahwa peran pemerintah dalam melindungi masyarakat dari perkara hukum harus lebih dirasakan dengan dibuat Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di setiap kecamatan.

“Sebagai mahasiswa hukum, kami mengharapkan masyarakat lebih cerdas dalam memahami hukum, hal tersebut ditunjang dengan peran serta pemerintah untuk memberi fasilitas pembentukan LBH di setiap daerah,”Ujar Evan.

Bahkan Evan Menambahkan dengan adanya ketentuan mengenai pembentukan Peraturan Desa (Perdes), hal tersebut menjadi keharusan bagi masyarakat memahami dan turut serta dalam perumusan agar tidak menjadikan Perdes sebagai kepentingan penguasanya saja.

(Ali Husni)