GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Kwarcab Kabupaten Garut menggelar pengukuhan 45 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera (Pasbara) 14 Pramuka Tingkat Kabupaten Garut. Mereka mengucapkan sumpah dan janji sebagai pasukan pengibar bendera dan upacara peringatan HUT Pramuka ke – 58, tanggal 14 Agustus 2019, yang dilaksanakan di Gedung Pendopo, Jl. Kiansantang, Kabupaten Garut, Selasa (13/8/2019) malam.

Pengukuhan Pasbara 14 kabupaten Garut, Tahun 2019, mengusung tema ” Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI “.

Pengukuhan ditandai dengan penyematan lencana kepemimpinan peserta secara simbolis, oleh Bupati Garut Rudy Gunawan kepada dua peserta.

Bupati Garut Rudy Gunawan saat menyematkan lencana kepemimpinan kepada Dansis Pasbara 14 (Dok :Istimewa)

Dalam sambutannya Bupati Garut sebagai ketua majelis pembimbing dan penggerak Pramuka Kabupaten Garut , Rudy Gunawan mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang ke-58 dan menyebut bangga atas prestasi pramuka di Kabupaten Garut.

“Saya yakin gerakan pramuka di kabupaten Garut akan tumbuh dan berkembang, dan akan bermanfaat bagi karakter moral dan tentu ini merupakan pendidikan dasar mewujudkan anak-anak kita yang bisa memberikan harapan masa depan yang gemilang, ” ucapnya.

Bahkan Rudy menyebut bahwa dulu baris berbaris bagian dari kedisplinan, siapa yang barisnya baik maka disiplin dan kelakuannya baik, karena apa baris berbaris itu keliatanya gampang tetapi sebenarnya sangatlah sulit.

“Makanya orang-orang yang sudah mahir dalam berbaris, insyaallah hidupnya tertib, hidupnya berakhlakatul Karimah. Apalagi kita punya dasa dharma, salah satu punda mental sifat kesatria dan janji, yang tadi kita ucapkan oleh anak-anak siaga, penggalang, penegak,” ujarnya.

” Kami yakin itu, karena dengan disiplin kita harus mengendalikan diri, emosi lahir dan batin dan kita selalu berpegang teguh kepada kebenaran serta kebaikan-kebaikan dan selalu ingat kepada Allah SWT,” tambahnya.

Selain itu Rudy atas nama Pemkab Garut berjanji akan terus mendorong setiap kegiatan Pramuka di Kabupaten Garut.

“Bupati dan Wakil Bupati juga kepala SKPD wajib menggunakan baju pramuka, hal itu akan dilakukan sebagai bentuk dukungan gerakan pramuka Kabupaten Garut,” jelas Rudy.

Rudy berjanji pada tanggal 27 -28 akan mengosongkan agenda kegiatan rutin dan akan mengajak seluruh kepala SKPD untuk ikut dalam rangka pelaksanaan kemping Jambore Pramuka Kabupaten Garut di Cisurupan, dan akan menyiapkan Rp. 25 juta untuk hadiah di kegiatan jambore tersebut.

Reporter : MD Sumarna