GARUT, KABARNUSANTARA.ID  – Pemadam Kebakaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdamkar Limbangan, Rabu (19/08/2020) melakukan aksi penyelamatan tak biasa. Karena, mereka diminta untuk menyelamatkan seekor kucing yang terjepit di pintu rolling door kantor pembantu Bank BJB Limbangan.

Aksi penyelamatan tersebut, berawal dari laporan petugas keamanan di kantor pembantu Bank BJB Limbangan yang mendapati ada seekor kucing yang terjepit pintu rolling door pada Rabu (19/08/2020) pagi.

Sukmana, Komandan Regu (Danru) UPT Disdamkar Limbangan mengungkapkan, pihaknya menerima laporan dari petugas keamanan Bank BJB yang melaporkan adanya kucing yang terjepit pintu rolling door di kantornya.

“Satpamnya mendengar ada suara kucing mengeong terus sejak pagi sebelum kantor buka, setelah dicari sumber suaranya, ternyata dari pintu rolling door,” cerita Sukmana kepada wartawan, Rabu (19/08/2020) sore.

Karena Disdamkar juga memiliki tim penanganan non kebakaran yang biasa dikenal dengan unit animal rescue, menurut Sukmana akhirnya pihaknya pun memenuhi permintaan bantuan dari petugas keamanan Bank BJB Limbangan dengan membawa beberapa peralatan.

Sesampainya di lokasi, menurut Sukmana petugas sempat kesulitan juga melakukan penyelamatan terhadap kucing tersebut. Karena, biasanya para petugas animal rescue, menangani sarang tawon di pemukiman warga.

Namun, karena naluri petugas terhadap binatang telah cukup kuat, menurut Sukmana aksi penyelamatan terhadap kucing tersebut pun tidak berlangsung lama. Hanya perlu waktu setengah jam, kucing sudah terlepas dari jepitan pintu rolling door tanpa harus menggunakan alat berat.

“Petugas hanya memberi minum kucingnya, kemudian kepalanya dielus-elus agar tenang, tidak stress dan terus mengeong,” katanya.

Setelah kucing dirasa tenang, menurut Sukmana, petugas hanya perlu alat kantong plastik (kresek) untuk bisa mengeluarkan kucing tersebut dari jepitan rolling door. Semua bagian badan kucing, menurut Sukmana dibungkus plastik, lantas kantong plastik ditarik sambil badan kucing digerak-gerakan.

“Alhamdulillah kucingnya bisa diselamatkan tanpa terluka sedikitpun, hanya trauma saja,” katanya.

Sukmana mengakui, unit animal rescue di Disdamkar, sampai saat ini memang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Karena, belum banyak masyarakat menggunakan jasa animal rescue Disdamkar saat ini. Dirinya berharap, masyarakat bisa memanfaatkan unit ini jika menemui ada gangguan dari satwa dan yang berkaitan dengan satwa. (*)

Reporter : AMK

Editor : AMK