Rasulullah adalah suri tauladan dalam segala hal, juga dalam menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Ini delapan cara Rasulullah yang ternyata menurut para ahli medis sangat berpengaruh terhadap kesehatan jasmani dan rohani.

1.Selalu menggunakan tangan kanan

Rasulullah SAW mencontohkan kepada ummatnya untuk mendahulukan yang kanan dan melakukan sesuatu dengan tangan kanan. Konon dari hasil penelitian medis, tangan kanan yang bergerak bisa merangsang otak kiri untuk menghasilkan fikiran yang tetap fokus dan selalu aktif.

2. Duduk saat makan dan minum

Rasulullah selalu melakukan makan dan minum dalam posisi duduk. Secara medis, saat tubuh berdiri, katub dalam sistem pencernaan tak semuanya terbuka. Oleh karena itu, ketika makanan atau minuman datang, sistem pencernaan akan bekerja lebih keras untuk mengolahnya. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus, maka sistem percenaan akan mudah terganggu.

Lalu bagaimana saat duduk? Rongga dalam sistem percenaan ternyata lebih terbuka. Maka ketika makanan atau minuman datang, sistem pencernaan tubuh sudah siap menerimanya. Konidisi seperti ini akan membuat sistem pencernan lebih terpelihara.

3. Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang

Kebiasaan Rasulullah ini ternyata merupakan cara ampuh dalam menjaga hidup sehat. Makan sebelum lapar serta berhenti sebelum kenyang, memiliki arti bahwa kita tidak makan minum secara berlebihan.

Makan dan minum secara berlebihan bisa melemahkan kemampuan sistem pencernaan tubuh serta bisa menyebabkan penyakit dan gangguang kesehatan yang lain.

4. Rajin Berpuasa

Selain puasa bulan Ramdhan, Rasulullah SAW juga selalu berpuasa Senin-Kamis. Oleh karena itu, disunnahkan bagi ummat Muslim untuk melaksanakan puasa Senin Kamis seperti yang dicontohkan Rasulullah.

Namun lepas dari itu, puasa ternyata memiliki dampak bagi kesehatan, baik jasmani maupun rokhani. Konon ketika berpuasa, kinerja organ-irgan tubuh lebih rilek dan tenang. Di sisi lain, asupan makanan dan minuman pun lebih terkontrol sehingga akan lebih sehat bagi sistem pencernaan.

5. Ramah

Rasulullah sangat ramah terhadap siapa pun, bahkan terhadap orang yang memusuhinya sekalipun. Ia jarang sekali marah, dan kalau pun marah maka kemarahan itu karena Allah semata. Dari penelitian medis, orang peramah dan jarang marah ternyata lebih sehat dari orang pemurung dan pemarah.

6. Menjaga kebersihan

Rasulullah merupakan pribadi yang sangat memperhatikan kebersihan. Secara rutin, beliau memotong kuku setiap Jumat, selalu bersiwak, selalu menggunakan wangi-wangian. Tak heran jika Islam mengajarkan ‘kebersihan sebagian dari iman”.

7. Berolahraga

Rasulullah sangat menganjurkan agar ummat Muslim rajin berolahraga, apalagi olahraga berkuda, memanah dan berenang. Rasulullah sendiri selain senantiasa berlatih kuda dan memanah, ia pun kerap berlatih gulat dengan sahabatnya.

8. Bersilaturahmi

Rasulullah bersabda, silaturahmi bisa memanjangkan umur. Dari hasil penelitian, orang yang sering bergaul dan bersosialisasi (silaturahmi) ternyata memiliki mental yang lebih sehat sehingga kondisi tubuhnya pun lebih sehat.

Penulis, Mustika