MALUT, KABARNUSANTARA.ID – Kabar gembira datang dari Desa Nondang, Kecamatan Bacan Barat, Kabupaten Halmahera Selatan yang baru saja mendapat kenaikan aggaran Desa secara signifikan hingga Rp. 1 Milyar yang mengarahkan program desa pada pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini di sampaikan kepala Desa Nondang, Kecamatan Bacan Barat, Kabupaten Halmahera Selatan pada acara musyawarah desa yang di laksanakan di Desa nondang tersebut.

“Alhamdulillah anggaran desa nondang di tahun 2021 ini naik Rp 1.000.099.000 (satu miliar sembilan puluh sembilan ribu) dan berdasarkan kesepakatan hasil musyawarah bersama masyarakat, kami akan memfokuskan pada pembangunan dan pemberdayaan,” ujar kades Umar Fataha kepada Kabarnusnatara.idpasca Musdes di nondang Selasa (26/02/20) sore.

Tak hanya itu pada musyawarah desa juga Umar menyampaikan bahwa masyarakat harus turut andil mengawasi pengelolaan anggaran desa dan mengusulkan program-program untuk kemajuan di Desanya.

“Silahkan masyarakat mengusulkan apa yang harus di buat menggunakan anggaran ini, tapi juga harus mengawasi pelaksanaan kegiatan yang ada di desa, agar pelaksanaan ini berjalan lancar tanpa ada tendensi yang mengakibatkan kerugian negara,” Harap Umar.

Di tempat terpisah Ketua BPD Desa Nondang Salim M Saleh juga membenarkan bahwa agenda musyawarah desa juga mendapat beberapa usulan dari masyarakat, terkait pembangunan, perluasan, BLT bagi masyarakat yang berusia lanjut serta janda, perbaikan fasilitas Umum.

“Dalam musyawarah Desa Nondang kami BPD Desa Nondang sudah menerima dan mendengar beberapa usulan masyarakat, seperti perluasan desa, melanjutkan saluran air/Got, melanjutkan pagar desa, pengadaan kebutuhan pemuda berupa peralatan olahraga
, BLT bagi mereka yang lanjut usia dan para janda-janda, perbaikan masjid
dan perluasan lahan pekubunan,” ujarnya.

Ia juga menyebut ada pembangunan yang sempat tertunda pada program anggaran 2020 yang pada anggaran sebelumnya sebagian di alihkan pada pembagian bantuan lansung tunai.

Reporter : Althaf Rifky