TANGERANG|KABARNUSANTARA.ID – Dedikasi Riung Mahasiswa Garut (Dermaga), organisasi mahasiswa Garut di Jakarta Raya, bersiap memperingati hari lahir (harlah) perdananya yang jatuh pada Jumat 14 Juni 2019.

Ketua Umum Dermaga, Deden Muhamad Rojani mengatakan, pada perayaan hari lahirnya yang perdana, Dermaga akan melakukan deklarasi.

Baca juga:

Polri Sebut 22 Mei Terdeteksi akan Dimanfaatkan Teroris, Masyarakat Diimbau Tak Turun ke Jalan

“Tujuannya agar masyarakat mengetahui bahwa organisasi Dermaga siap menjadi benteng pertahanan kepentingan rakyat di Garut,” kata Deden saat berbuka puasa di kediaman Dewan Penasihat Dermaga, Jumat (17/5) di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan.

Dalam kegiatan Harlah, rencananya Bupati Garut, Rudy Gunawan akan diundang untuk hadir agar mengetahui aspirasi mahasiswa Garut di perantauan.

“Meksipun ada di perantauan, mahasiswa Garut tetap memiliki misi pengbdian kepada masyarakat Garut. Nah Bupati harus tahu seperti apa aspirasi mahasiswa di perantauan tersebut dalam rangka memberikan pengabdian kepada masyarakat Garut,” jelasnya.

Organisasi Dermaga beranggotakan ratusan mahasiswa dari berbagai program studi. Kegiatannya di antaranya selain mengembangkan pengetahuan akademik di kampus masing-masing, juga kerap menggelar kajian dan diskusi. Bahasannya beragam, dari mulai sosial, agama dan politik. Bahkan kebudayaan masyarakat Garut merupakan salah satu mata kajian Dermaga.

Adapun rangkaian acara Harlah Dermaga ke-1, di antaranya menggelar deklarasi yang dihadiri oleh seluruh organisasi mahasiswa di Garut, kemudian longmarch mahasiswa dari pusat pemerintahan hingga Alun-alun Garut.

Revitalisasi Pasar Samarang Bermasalah, Penempatan Pedagang Dinilai Sewenang-wenang

Deden mengakui, dalam usia yang sangat belia yakni satu tahun, Dermaga perlu meningkatkan konsolidasi untuk menjangkau para mahasiswa Garut di seluruh Jakarta Raya.

“Ini penting agar Dermaga makin kuat dan makin punya tenaga untuk menjalankan tujuannya, yakni membela kepentingan rakyat Garut,” tegasnya.

Reporter : ESR
Editor : Mustika