GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Detail Engineering Design (DED) fasilitas akuatiq yang akan dibangun di lokasi Gor Ciateul Ciawitali Garut, Jawa Barat mesti diperbaiki ulang.

” Yang saya tahu DED akuatiq itu lagi dalam penyusunan DED perbaikan. Karena dulu DED nya tidak disusun untuk event tingkat besar. Karena sekarang ini akan digunakan sebagai venue untuk olahraga provinsi. Maka kita berharap, bukan hanya untuk event provinsi, tapi untuk kegiatan yang lebih besar tingkat nasional,” tutur Ketua KONI Kabupaten Garut, Abdusy Syakur Amin.

Lebih lanjut kata Abdusy Syakur, atau lebih dikenal dengan panggilan Syakur itu, karena ada perubahan DED, berubah pula RAB nya. Karenanya, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait, yakni BAPPEDA, Dispora dan PUPR.

” Kita inginnya mendesain suatu venue itu tidak hanya sekedar untuk berlatih, tapi harus mampu mengakomodir kebutuhan kebutuhan pada saat ada kegiatan besar, sarananya sudah mendukung, termasuk tempat istirahat para atlit dan officialnya,” katanya.

Menurut Syakur yang juga Rektor Uniga itu, DED akuatiq ini harus selesai akhir tahun ini untuk diajukan anggarannya pada Tahun 2020. Sebab sarana akuatiq ini akan dipergunakan untuk kegiatan olahraga provinsi pada Tahun 2022 mendatang.

” Kita tidak mau sarana yang akan dipakai kegiatan itu, misalanya baru selesai saat akan dipakai kegiatan. Anak anak kita kan harus ada penyesuaian, harus berlatih, lebih kenal medan. Artinya kita harus punya keuntungan sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Akuatik yang rencananya akan dibangun mulai Tahun 2020, dengan anggaran sekitar Rp. 25 milyar itu, nantinya akan digunakan untuk kegiatan cabang olahraga renang, polo air, senam air, loncat indah, menyelam dan olahraga air lainnya.

” Dengan adanya fasilitas akuatiq ini prestasi renang Garut akan lebih baik lagi. Sebetulnya Garut ini punya potensi atlet renang yang cukup baik. Buktinya kalau usia dini banyak yang berprestasi, namun setelah remaja prestasinya menurun, karena tidak ada fasilitas berlatih yang memadai,” imbuhnya.

Dirinya yakin, setelah ada fasilitas akuatik yang akan didanai daro APBD provinsi da APBD Kabupaten Garut, cabor renang khususnya akan lebih berprestasi, dan akan menjadi cabor yang punya tradiai emas seperti, silat, gulat dan balap sepeda, boxer dan tenis meja.

Reporter : Jay
Redaktur : AMK