JAKARTA, KABARNUSANTARA.ID – Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk merombak jajaran direksi perseroan, hasil rapat tersebut merombak struktur manajemen di level direksi yang lebih ramping.

Dilansir dari Bisnis.com, pucuk pimpinan perusahaan migas nasional itu tetap dijabat oleh Nicke Widyawati, dalam struktur yang baru, jajaran direksi hanya dihuni oleh enam direktur dari sebelumnya sepuluh direktur.

Bagian besar figur yang menghuni kursi direksi Pertamina merupakan sosok lama, mereka adalah Koeshartanto (Direktur SDM), Emma Sri Martini (Direktur Keuangan), M. Haryo Yunianto (Direktur Penunjang Bisnis), dan Mulyono (Direktur Logistik dan Infrastruktur).

Namun ada satu nama baru dalam jajaran direksi Pertamina, yaitu Iman Rachman, Iman didapuk sebagai Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Bisnis.

Sebelum mendapat posisi di Pertamina, Iman ditunjuk oleh Menteri BUMN (periode 2014-2019) Rini Soemarno sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) pada Juli 2019.

Bahkan sebelumnya, dia sempat menjabat direktur keuangan di dua BUMN operator pelabuhan, masing-masing Pelindo II (Mei 2016-September 2019) dan Pelindo III (September 2018-Juli 2019).

Iman lama berkecimpung di bidang keuangan, selain itu Iman pernah berkarier di Danareksa Sekuritas, kemudian menjadi menempati posisi Chief Investment Banking di Mandiri Sekuritas pada 2003.

Berikut susunan direksi Pertamina hasil RUPS yang berlangsung hari ini, Jumat (12/6/2020).

Direktur Utama : Nicke Widyawati
Direktur SDM : Koeshartanto
Direktur Keuangan : Emma Sri Martini
Direktur Penunjang Bisnis : M. Haryo Yunianto
Direktur Logistik dan Infrastruktur : Mulyono
Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Bisnis : Iman Rachman

Editor : ESR