DPD NasDem Garut apresiasi percepatan pamekaran Garut Selatan

0
914

GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Isu percepatan pamekaran Garut selatan kembali mencuat baru – baru ini, hal itu seiring dilantiknya Gubernur Jawa Barat baru yaitu Ridwan Kamil. Pamekaran atau pemisahan Garut Selatan memang sudah jauh hari diperjuangkan kalangan aktivis dan masyarakat Garut selatan, hal tersebut mengingat letak geografis Garut selatan yang meliputi Kecamatan Pameungpeuk, Cibalong, Caringin, Bungbulang, Talegong, Cisewu, Cisompet, Cihurip, Pakenjeng, Cikelet, Mekarmukti, Pamulihan, Peundey, Singajaya, Banjarwangi dan Kecamatan Cikajang. Meski sebagian masyarakat Cikajang menolak jika ibu kota Kabupaten ke Garut selatan karena jarak tempuh ke selatan lebih jauh dari jarak tempuh ke Kota Garut.

Dewan Pertimbangan Daerah atau DPD partai Nasional Demokrat atau partai Nasdem mengapresiasi percepatan pamekaran Garut selatan. Hal itu telah dilakukan kajian khusus oleh pengurus Partai Nasdem dari berbagai segi, misalnya segi jarak tempuh pelayanan Pemerintahan yang terpusat di Pemda Garut harus memakan waktu ber jam – jam apa bila masyarakat membutuhkan pelayanan administrasi kenegaraan. ” sudah kita kaji jauh – jauh hari, memang kajian kita ada di internal partai, namun bayangkan salah satu contoh pelayanan yang krusial adalah pelayanan administrasi E KTP, warga dari Kecamatan Talegong harus melakukan perbaikan ke Dinas Catatan Sipil di Garut, berapa lama masyarakat Talegong jika harus ke Dinas di Kota Garut. Nah jika pamekaran itu terwujud, maka setidaknya pelayanan sekecil tadi bisa optimal jika jarak tempuh masyarakat pelosok bisa mempunyai ibu kota kabupaten yang baru dan jarak tempuh yang sedikit,” kata Tubagus Hamzah, selaku ketua DPD NasDem Garut, ( rabu 12/9 ).

Selain itu Tubagus mengakui bahwa moratorium pamekaran masih dilakukan Pemerintah Pusat, ” ya sangat paham, moratorium pamekaran Kabupaten Baru masih dilakukan, tapi kan itu bisa saat suatu saat dicabut, pamekaran Garut selatan bisa langsung terwujud. Kami sangat percaya Gubernur baru Jawa Barat Ridwan Kamil sangat ahli dalam mengambil kebijakan untuk memajukan Daerah, itu sudah terbukti ketika dirinya bisa melakukan terobisan saat menjadi wali Kota. Nah untuk BAB pamekaran daerah Selatan Garut, pasti Gubernur bisa melakukan kebijakan agar aspirasi masyarakat Garut selatan segera terwujud,” tutup Tubagus.

(Hidayah/ESR)