DPMPD Garut Gencar Sosialisasi Pelaksanaan Pilkades Serentak 2019

0
257

GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, gelar sosialisasi tahapan dan teknis Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III, yang akan dilaksanakan tanggal 5 Nopember 2019 mendatang di Aula DPMD Jl. Otista, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jum’at (11/10/19).

Hadir dalam acara tersebut, Assisten Daerah (Asda) I H. Nurdin Yana MH, Kepala DPMD Kabupaten Garut H Aji Sukarmaji MSi, Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) DPMD Garut H Fahmi Fauzi S STP MSi, para Camat dan Panitia Pilkades tingkat desa yang akan melakukan seleksi keterkaitan Bakal Calon Kepala Desa yang lebih dari 5 pendaftar.

Kepala DPMD Garut H Aji Sukarmaji M Si, dalam saat pemaparan mengatakan bahwa seleksi untuk bakal Calon Kepala Desa bagi yang melebihi 5 pendaftar, akan dilaksanakan pada Selasa 15 Oktober 2019 di masing-masing Kecamatan.

“Untuk soal seleksi ini menjadi tanggung jawab panitia Pilkades tingkat Kabupaten, nanti akan mengirimkan ke panitia Pilkades ditingkat desa, agar menjamin kerahasiaan, supaya tidak timbul permasalahan,” terang Aji.

Hal senada diungkapkan Kabid Pemdes DPMD Garut Fahmi Fauzi yang menyebut akan melaksanakan seleksi pada tahapan Bakal Calon Kades ini ada 28 Desa di 24 Kecamatan, yang mana jumlah pendaftar Bakal Calon lebih dari lima orang.

“Ada kurang lebih 170 orang akan mengikuti seleksi Bakal Calon ini,” ujar Fahmi.

Fahmi menambahkan, untuk bantuan keuangan untuk anggaran Pilkades tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Garut, sebesar Rp 7.000 rupiah per hak pilih, jadi jumlah bantuan yang dikucurkan tergantung jumlah hak pilih masing-masing desa.

“Untuk masalah seleksi secara teknis panitia tingkat desa menyampaikan kepada para bakal calon di desa masing-masing. dan saya juga menekankan kepada panitia dalam melaksanakan tahapan Pilkades tetap berpatokan pada Perbup, Perda dan peraturan diatasnya,” pungkasnya.

Reporter : MD Sumarna