GARUT, KABARNUSANTARA.ID – Tim gabungan dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Damkar Garut, dan warga, membersihkan tumpukan eceng gondok yang menutupi aliran Sungai Cimanuk, di Copong, Kelurahan Sukamentri, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat Rabu (11/12/19).

Petugas tersebut membersihkan sungai dari tumpukan eceng gondok dengan menggunakan perahu. Bahkan, sebagian warga rela ‘nyemplung’ ke sungai guna membersihkan eceng gondok tersebut.

“Eceng gondok telah menutupi aliran sungai cimanuk sepanjang tujuh ratus meter. Dan itu harus dibersihkan lantaran menghambat aliran sungai,” kata Sana Suntana ketua Tagana Kabupaten Garut.

Eceng gondok itu dibersihkan untuk mengantisipasi pendakalan sungai. Alhasil, dengan dilakukannya pembersihan, Sungai Cimanuk pun kembali bersih.

Sementara itu warga kampung copong, kelurahan sukamentri, Yoyo Sunaryo Mengatakan, “ya disini ada buaya nya sering menampakan kalo pagi hari sekitar pukul 07:00, kami juga warga sekitar takut keberadaan buaya itu, mudah mudahan petugas gabungan pembersihan sekarang bisa menangkap nya,” pungkas yoyo.

Reporter : MD Sumarna
Editor : Slamet Timur