KABARNUSANTARA.ID – Menjalani puasa, tak seharusnya olahraga jadi lupa. Kegiatan yang satu ini tetap harus dilakukan agar badan tetap sehat dan bugar. Olahraga apa saja yang pas bagi Anda yang sedang menjalani puasa? Simak di bawah ini

Bersepeda

Usai shalat subuh, ambil sepeda dan kayuhlah mengelilingi kompleks di mana Anda tinggal, atau bisa juga menyusuri jalanan yang banyak pepohonan. Selain bisa menghisap udara segar dan bersih, bersepeda santai di pagi hari juga akan menambah mood sehingga bisa menambah semangat.

Konon, dengan bersepeda santai selama 50 menit, kita sudah bisa membakar 300 hingga 350 kalori. Bukankah ini baik bagi mereka yang memiliki program menurunkan berat badan?

Selain usai shalat subuh, bersepeda santai juga bisa dilakukan menjelang berbuka puasa. Hanya saja, udara sore tak akan sesegar udara pada pagi hari.

Berjalan kaki

Jika Anda malas bersepeda, jalan kaki merupakan pilihan sangat tepat untuk olahraga saat menjalani puasa. Cobalah berjalan kaki selama 50 menit. Santai saja, sesekali gerak-gerakan tangan, gerak-gerakan kaki. Sesekali pula hirup udara bersih dalam-dalam.

Konon, Anda yang rutin melaksanakan jalan kaki usai shalat subuh, atau pada saat matahari terbit, akan merasakan kesegaran sehingga tetap fit menjalani kegiatan sehari-hari.

Jogging

Olahraga ini tentu sedikit menguras energi, oleh karena itu disarankan agar dilakukan menjelang puasa selama 20 menit saja. Tujuannya, agar kita segera mendapatkan asupan nutrisi termasuk air, setelah melakukan kegiatan yang mengelaurkan keringat.

Naik turun tangga

Jangan kira kegiatan ini tak bermanfaat, bahkan manfaatnya besar sekali. Sekitar 15 menit menjelang berbuka puasa, cobalah naik turun tangga beberapa kali. Kegiatan ini akan melancarkan peredaran darah dan membakar lebih dari 150 kalori.

Mustika, dari berbagi sumber