Fakta di Balik Insiden Tanggul Jebol yang Tewaskan Warga Banjarnegara

Banjarnegara | KABARNUSANTARA.ID – Peristiwa duka terjadi di Banjarnegara, Jawa Tengah pada awal musim penghujan ini. Tanggul jebol memicu longsor yang menimbun dua rumah dan menewaskan seorang warga, Sabtu, 2 November 2019.

Korban tewas adalah Winoto (45), warga Desa Plumbungan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara. Adapun korban luka, yakni Sabar (30) bin Hadi Rahyanto, Desa Pagentan RT 2/3, Kecamatan Pagentan, dan Darto (50), warga Dukuh Windusari, Desa Sokaraja, Pagentan, Banjarnegara.

Winoto tak bisa menyelamatkan diri ketika tanggul ambrol dan menimbun rumah. Dua lainnya, selamat meski menderita luka-luka.
Insiden tanggul jebol ini pun memantik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara dan Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah menelisik penyebab tanggul jebol. Pantauan juga dilakukan untuk mengetahui kondisi irigasi sekunder ini.

Langkah tersebut dilakukan lantaran Banjarnegara sudah memasuki musim penghujan. Tanggul irigasi mesti dipastikan dalam keadaan baik agar tak menyebabkan insiden lain. Pasalnya, irigasi berada di sisi atas dengan permukiman warga di bawahnya.

Pemantauan seusai tanggul jebol ditemukan fakta yang cukup mengejutkan. Ternyata, sepanjang saluran irigasi, ditemukan banyak warga yang membobol saluran irigasi demi mengalirkan air.

“Memakai pipa, ada yang kecil dan besar. Ini kan salah karena bisa menimbulkan rembesan,” ucap Arif.

Sumber : Liputan6.com

Reporter : Bunga CAP

Post Author: Kabar Nusantara

Media www.kabarnusantara.id adalah media siber indonesia yang memberikan informasi terpercaya untuk khalayak menjadi penyambung lidah antara masyarakat dan penguasa serta unsur lainnya | PT. USPA MEDIA NUSANTARA

Tinggalkan Balasan