GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Perayaan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Garut, Jawa Barat, diramaikan dengan Festival Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Garut di Taman Kiansantang Jl. Papandayan, Selasa (23/7/2019).

Acara yang dimulai dari pukul 14:00 WIB ini, dipenuhi oleh puluhan muda-mudi milenial Garut yang tergabung dalam berbagai komunitas pegiat literasi. Pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba yang digelar sebelumnya, turut mewarnai semarak festival. Di antaranya lomba melukis, lomba menulis cerpen, lomba menulis artikel, lomba menulis puisi dan lomba foto selfi di kolecer.

Baca juga:

Beasiswa Rp 50 M Disiapkan Pemprov Jabar untuk Mahasiswa S1 Hingga S3, Ini Persyaratannya

Acara diisi juga dengan diskusi tentang teknik penulisan. Seluruh peserta tampak serius dan menikmati diskusi sore di Taman Kiansantang. Beberapa hal yang didiskusikan terkait motivasi dan niat menulis, perbedaan menulis (esai, novel, artikel dan puisi-red), dan bagaimana menulis plot yang asyik dan menyenangkan.

Festival Kolecer Garut ini didukung pula pihak lain seperti perbankan. Sementara, komunitas pegiat literasi yang ikut serta mensukseskan kegiatan ini di antaranya Relawan Kolecer Garut, Komunitas Pencinta Sastra Garut, Kompenas Garut, Komunitas Penulis Kreatif Garut, Komunitas Kreatif Visual Kreator dan Passthand Made Garut.

Baca juga:

Kontingen O2SN Kota Tangsel Juara Umum Nasional

Kepala Dispusip Garut, Lisnawati, mengatakan, banyaknya pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan Kolecer, merupakan hal positif untuk gerakan literasi yang bertujuan mewujudkan masyarakat Garut yang literat.

“Kami ucapkan terima kaksih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Reporter : Jay
Editor: Mustika