KABARNUSANTARA.ID – Real Madrid takluk 1-2 dari Athletic Bilbao pada semifinal Piala Super Spanyol. Laga Real Madrid vs Athletic Bilbao itu dihelat di Stadion La Rosaleda, Kamis (14/1/2021) atau Jumat dini hari WIB.

Gol balasan Karim Benzema (75′) tak mampu mengimbangi brace Raul Garcia (18′), 38′ -p). Kekalahan ini membuat Los Blancos gagal ke final Piala Super Spanyol musim ini.

Adapun Athletic Bilbao akan menghadapi Barcelona di laga pamungkas Piala Super Spanyol, Minggu (17/1/2021) yang dilansir dari Kompas.com.

lasan pertandingan Real Madrid yang tampil sebagai tuan rumah pada laga ini, berusaha mengambil inisiatif serangan sejak peluit kick-off dibunyikan wasit. Namun, Real Madrid justru kecolongan pada menit ke-18.

Berawal dari kesalahan passing Lucas Vazquez, bola kemudian dicuri oleh gelandang Bilbao Dani Garcia. Sejurus kemudian, Dani Garcia melepaskan umpan terobosan dan diterima dengan baik oleh Raul Garcia yang sudah menunggu di depan kotak penalti Real Madrid.

Raul Garcia kemudian berlari ke kotak 16 sebelum akhirnya mengirim bola ke pojok kiri gawang tanpa bisa dijangkau Thibaut Courtois.

Pada menit ke-38, Real Madrid keboolan lagi. Pelakunya sama, Raul Garcia. Kali ini Garcia menaklukkan Courtois lewat titik putih.

Sebelumnya, penalti terjadi karena Lucas Vazquez melanggar Inigo Martinez dan membuatnya dikartu kuning. Real Madrid berusaha membalas di sisa waktu babak pertama, tetapi gol yang mereka cari tak kunjung tiba. Eden Hazard dkk pun memasuki ruang ganti dengan ketertinggalan 0-2.

Memasuki babak kedua, Real Madrid sedikit menaikkan tempo permainan mereka untuk mengejar ketertinggalan. Peluang pertama didapat pada menit ke-53 ketika umpan tendangan bebas Toni Kroos disambut tandukan akurat Karim Benzema.

Bola kiriman Benzema memang mengarah ke gawang, tetapi terlalu lemah, sehingga bisa diamankan kiper Bilbao, Unai Simon.

Lima menit berselang, Marco Asensio melepaskan sepakan melengkung dari kotak penalti. Sayangnya, usaha Asensio belum membuahkan gol. Bola kirimannya melambung tipis di atas gawang Bilbao.

Pada menit kr-63, Asensio lagi-lagi tak beruntung. Sepakan jarak dekatnya hanya membentur mistar gawang.

Usaha Real Madrid baru membuahkan hasil pada menit ke-75. Mereka memoerkecil kedudukan 1-2 lewat sontekan Karim Benzema. Pada menit ke-82, Benzema mencetak gol keduanya pada laga ini, tetapi kemudian dianulir wasit karena offside.

Hingga wasit Juan Martinez meniupkan peluit panjang tanda laga berakhir, Real Madrid tak mampu mengejar ketertinggalan mereka dari Bilbao. Real Madrid pun menyerah 1-2 dari Bilbao dan dipastikan gagal ke final Piala Super Spanyol.

Susunan pemain Real Madrid vs Athletic Bilbao

Real Madrid (4-3-3): 1-Thibaut Courtois; 17-Lucas Vazquez, 4-Sergio Ramos, 5-Raphael Varane (6-Nacho Fernandez 46′), 23-Ferland Mendy; 8-Toni Kroos, 10-Luka Modric (15-Fede Valverde 67′), 14-Casemiro; 7-Eden Hazard (20-Vinicius Jr 67′), 9-Karim Benzema (24-Mariano Diaz 88′), 11-Marco Asensio

Pelatih: Zinedine Zidane

Athletic Bilbao (4-4-2): 1-Unai Simon; 21-Ander Capa (15-Inigo Lekue 68′), 3-Nunez, 4-Inigo Martinez, 24-Mikel Balenziaga (2-Jon Murcillo 79′); 18-Oscar De Marcos, 14-Dani Garcia, 27-Unai Vencedor (6-Mikel Vesga 68′), 10-Iker Muniain (12-Alejandro Berenguer 71′); 22-Raul Garcia (20-Asier Villalibre 79′), 9-Inaki Williams