oleh

Garut Kekurangan Stok Darah Golongan A



GARUT|KABARNUSANTARA.ID – Ketua PMI Cabang Kabupaten Garut, Helmi Budiman, mengatakan, bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1440 H, banyak pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah, terutama golongan darah A. Namun ternyata stok darah golongan A sangat tipis alias sangat kurang.

“Kita harus banyak berbagi, bukan hanya berbagi makanan saja, akan tetapi donor darah pun merupakan amal ibadah yang besar. Sekarang di Unit Donor Darah lagi kekurangan stok darah golongan A. Untuk itu bagi masyarakat Garut, ayo kita donor darah, dengan donor darah badan kita akan lebih sehat, ” tutur Helmi yang juga Wakil Bupati Garut itu.

Dari Pontren Darussalam Wanaraja, Ribuan Ulama Suarakan Penolakan OBOR Indonesia-China

Guna menjaga stok, pada Ramadhan ini PMI Kabupaten Garut terus menggelar kegiatan donor darah. Senin malam (14/5/2019) donor darah dilaksanakan di gedung Unit Donor Darah (UDD) di Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Tarogong Kidul. Dalam kegiatan itu, Helmi pun ikut menyumbangkan darahnya.

“Keputusan untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus,” kata Helmi usai melakukan donor darah.

Baca juga:

Pesilat Garut Sabet Emas dalam Kejuaraan Pencak Silat di Belgia

Ia menambahkan, tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya.

“Menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, membantu mendeteksi penyakit serius, membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia,” ujar Helmi yang juga seorang dokter itu.

Reporter : Jay
Editor : Mustika

Komentar

News Feed