GARUT|KABARNUSANTARA.ID Helaran “Gebyar Pesona Budaya Garut” yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Garut ke-206, ditandai dengan pelepasan burung pipit sebanyak 206 ekor ke langit bebas, Sabtu (6/4/2019) di Alun Alun Garut.

Pelepasan burung pipit dilakukan sebagai dukungan Pemkab Garut atas upaya pelestarian lingkungan, termasuk pelestarian hewan yang kini habitatnya makin menyempit.

Selain dihadiri ribuan warga, pembukaan HJG ke-206 dihadiri pula Menteri Pariwisata, Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc, para duta besar dari negara sahabat di antaranya Bosnia, Slovakia, dan Serbia, anggota DR RI serta perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Bertema “Garut Tandang Ngahibarkeun Dangian”, helaran dimeriahkan pula oleh seniman seniwati dari 5 kabupaten/kota dan 3 provinsi. Di antaranya, Kabupaten Tasik, Ciamis, Majalengka, Kota Bandung, Bandung Barat, Provinsi Banten, Provinsi Aceh, dan Provinsi D.I Yogyakarta.

Baca juga :

Domba Garut Pake Negara Perwakilan Dalam Penyambutan Asian Games 2018

Pasanggiri Mojang Jajaka Alit 2018 Menjadi Gairah Semua Kalangan

Antusiasme masyarakat pun terlihat sejak awal kegiatan. Ratusan orang tampak membanjiri Alun Alun sejak pagi, jauh sebelum kegiatan dimulai.

Ketua pelaksana helaran, H. Budi Gangan, SH., M.si, yang juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, dalam laporannya menyampaikan bahwa “Gebyar Budaya Kabupaten Garut” merupakan event tahunan Kabupaten Garut.

“Gebyar Budaya Kabupaten Garut ini telah masuk dalam event nasional. Maka dari itu, ini suatu kebanggan untuk masyarakat Garut,” ujar Budi.

Menurutnya, dengan diselenggarannya helaran ini para seniman di Kabupaten Garut dapat meningkatkan produktivitasnya di bidang kesenian.

“Keikutsertaan seniman-seniman yang tergabung dalam komunitas seni, insya Allah dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di bidang seni,” katanya.

Budi berharap, helaran ini pun dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Garut.

“Ada banyak tamu dari provinsi dan kabupaten/kota lain yang hadir, semoga dengan ditampilkannya kesenian-kesenian Garut ini, dapat menarik perhatian para wisatawan,” ujarnya.

Reporter : Ihsan Gatot
Editor: Mustika