BANDUNG, KABARNUSANTARA.ID – Rangkain HUT Jabar yaitu rapat paripurna hari jadi Provinsi Jawa Barat yang ke-75 pada tahun ini agak berbeda. Rapat yang biasanya digelar di Gedung DPRD Jawa Barat, kini digelar di Hotel El Royale, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Rabu 19 Agustus 2020. hal ini dikarenakan Gedung DPRD Jawa Barat yang ditutup usai 38 orang terpapar Covid-19.

Dengan Menggunakan pakaian adat Sunda seperti tahun-tahun sebelumnya, para jajaran pemimpin dan ASN menghadiri rapat tersebut. Tampak Gubernur Jabar Ridwan Kamil beserta Atalia Praratya Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dan Lina Ruzhan hadir pada rapat yang dipimpin Ketua DPRD Taufik Hidayat itu.

Usai rapat, Ridwan menuturkan, yang pertama suasana kebatinan dalam situasi pandemi maka kesederhanaan keprihatinan mewarnai peringatan hari ini. Tapi lahir batin semua menyertai dari mantan gubernur dan wakil gubernur tokoh-tokoh juga hadir.

“Kedua, jabar juga sedang bekerja keras menangani pandemi dan melakukan pemulihan ekonomi kita mengedepankan semangat Jawa Barat yang selalu hadir silih asah dan silih asuh, silih wawangi, semangat sabilulungan dan lain-lain mewarnai bagaimana kita membangktian lagi Jabar dari pandemi dan ekonomi,” ujar Ridwan Kamil.

“Saya sampaikan berita baik, kerja keras kita membuahkan 92 penghargaan selama dua tahun. Desa mandiri naik dari 90 ke 260, 100 desa tertinggal dan sangat tertinggal sudah tidak ada lagi, investasi selama Covid-19 malah naik, pajak kendaraan sama dan lain-lain. Kemudiannya menyemangati agar Jabar bisa berorientasi pada desa, pertanian yang selama Covid-19 malah tumbuh positif bukan minus kira-kita begitu,” imbuhnya.

Ridwan Kamil menjelaskan, di Gedung DPRD telah ditemukan orang yang terpapar. Sesuai dengan protokol gugus tugas maka harus dilakukan penutupan selama 14 hari. Maka rapat paripurna digelar di hotel tersebut.

“Mayoritas sama, kalau ada temuan di semua tempat hampir 80 persen OTG. Dengan definisi OTG ada dua di pilihan isolasi mandiri atau di BPSDM. Mayoritas di rumah masing-masing,” ucap dia.

Saat itu, lanjut Ridwan Kamil yang hadir di antaranya ketua DPRD, jajaran pimpinan, ketia fraksi dan ketua komisi.

Sebelumnya, Gubernur memimpin upacara peringatan HUT Jabar di depan halaman Gedung Sate dengan peserta yang cukup terbatas seperti halnya peringatan hari kemerdekaan RI Senin lalu.