JAKARTA, KABARNUSANARA.ID. – Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,2 sempat mengguncang Kabupaten Maluku pukul 08.19 WIB. BMKG menuturkan gempa itu berjenis tektonik yang berpusat di Laut Banda. Begini analisis BMKG.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,1,”kata Kepala Pusat Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono lewat keterangan tertulisnya, Selasa (22/9/20).

“Hingga pukul 09.00 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” tutur Rahmat.

Gempa tektonik ini terletak di laut dengan jarak 225 km arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 198 km. Koordinat gempa ini adalah 7,01 lintang selatan dan 129,52 bujur timur.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme sesar naik (Thrust Fault),” ujar Rahmat.

Gempa dirasakan hingga Saumlaki dengan skala II MMI yang berarti menimbulkan getaran pada benda ringan. Belum ada gempa bumi susulan yang terdeteksi. Masyarakat tetap diimbau waspada.